Home / Berita / Evaluasi Kegiatan Fasilitasi Uji Sertifikasi Berbasis SKKNI Bidang TIK Bagi Angkatan Kerja Muda

Evaluasi Kegiatan Fasilitasi Uji Sertifikasi Berbasis SKKNI Bidang TIK Bagi Angkatan Kerja Muda

evaluasiBalai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian  Kominfo  Medan, Kementerian Komunikasi dan Informatika  RI melaksanakan kegiatan evaluasi program pelatihan dan sertifikasi berbasis SKKNI Bidang Kominfo bagi angkatan kerja muda,  yang telah dilaksanakan di 24 lokasi pada wilayah Kerja BBPSDMP Kominfo Medan tahun 2017, bertempat di Hotel Nagoya Manssion Batam, Rabu, 15 November 2017.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Medan, Drs. Irbar samekto, M.SI, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur atau yang mewakili, Direktur LSP Komputer, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser, para Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kota atau yang mewakili, Kepala Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi (BPPTIK) Cikarang Dr. Nusirwan, Sag.,MA, Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi LSP Telematika, LSP TIK dan LSP Komputer.

Berdasarkan laporan ketua panitia, Abdul Rahman Harahap, S.Sos., M.Si, dalam  laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelatihan dan sertifikasi berbasis SKKNI bidang Kominfo yang telah dilaksanakan di wilayah Kerja BBPPKI Medan tahun 2017. Dengan dilaksanakannya kegiatan evaluasi ini diharapkan akan di peroleh masukan, yang akan di rumuskan dalam suatu rekomendasi untuk perbaikan dan bahan dalam merencanakan program kerja berbasis pengembangan SDM komunikasi dan informatika.

Kepala BBPSDMP Kominfo RI, Drs.Irbar Samekto,M.Si memberikan sambutan sekaligus secara resmi membuka diskusi pengembangan SDM Kominfo. Dalam sambutannya, beliau menceritakan mengenai metamorfosis Kemkominfo. BBPSDM Kominfo sendiri awalnya berupa BP3U, kemudian menjadi LIN, berganti menjadi BBPPKI pada tahun 2008 s/d 2017. Saat ini BBPSDMP Kominfo memiliki tugas  dalam 2 bidang yaitu kajian penelitian dan pengembangan SDM. Sedangkan, Kemkominfo sebenarnya sudah ada sejak tahun 2000 dan didirikan pada tahun 2005. Selama ini, Kemkominfo menghasilkan banyak regulasi yang bermanfaat bagi masyarakat, diantaranya UU ITE dan UU KIP yang  dikawal dari Direktorat Jendral Komunikasi Publik dan Direktorat Jendral Aplikasi Telematika.

Selain itu, Badan Pengembangan SDM Kominfo juga membuat regulasi seperti SKKNI dengan melakukan koordinasi terhadap berbagai stakeholder dari Perguruan Tinggi dan  Kementerian Tenaga Kerja. Lanjutnya diterbitkannya peraturan Menteri Kominfo No 24 tahun 2015 tentang pemberlakuan Standar  Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)  membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan persetujuan dari Kementerian Tenaga Kerja. Namun, dampak yang didapatkan dari SKKNI sangat baik terhadap peningkatan SDM. Sayangnya, hasil peserta  yang sudah tersertifikasi tidak dilaporkan. Diskusi dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Medan Drs. Irbar samekto, M.SI , Direktur LSP Telematika, Victor Terinathe, Direktur LSP TIK Edwin Surjo Saptanto, direktur LSP Komputer,Satria Gunawan.

Dari hasil diskusi kelompok pengembangan SDM TIK dirumuskan tiga hal. Pertama, yaitu penting adanya evaluasi kebermanfaatan SKKNI  bagi peserta yang telah kompeten. Kedua, perlu adanya kolaborasi dan koordinasi antara penyelenggara BBPSDMP TIK dengan pemerintah daerah, Dinas Tenaga Kerja  dan Dinas Pendidikan  untuk memaksimalkan  proses rekrutmen  peserta SKKNI. Ketiga, perlu adanya kolaborasi dengan pihak industri dan pemerintah  daerah dalam menciptakan peluang kerja bagi peserta lulusan SKKNI (marta)

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment