Home / Berita / Diskusi Pengembangan SDM TIK BBPSDMP Kominfo Medan

Diskusi Pengembangan SDM TIK BBPSDMP Kominfo Medan

diskusi

Balai Besar Pengembangan SDM dan  Penelitian  Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI menyelenggarakan kegiatan diskusi pengembangan SDM  bidang Kominfo di Kota Batam bertempat di Hotel Nagoya Manssion Batam, Kamis, 16 November 2017.

Pembukaan acara dihadiri oleh Prof.DR. Gati Gayatri, MA, Kepala Pusat Pengembangan  Profesi SDM Komunikasi Kemkominfo, yang mewakili Kepala Badan Litbang SDM, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA,  Dr.Nursiwan, Kepala BPPTIK Cikarang, Dr.Fadilah  Matar, Direktur Umum  BP3TI, para  Kepala Dinas di wilayah kerja BBPSDMP Kominfo, atau yang mewakili-nya, para Kepala Badan Pelatihan dan Pengembangan Provinsi di wilayah kerja BBPSDMP Kominfo.

Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang diwakili oleh Prof.DR.Gati GayatriA,MA Kepala Pusbang SDM Komunikasi Kemkominfo, memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi diskusi pengembangan SDM Kominfo. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pengembangan SDM bidang kominfo, yang menjadi bagian tugas dari Kemkominfo, harus dilaksanakan untuk menyiapkan SDM tenaga kerja disektor industri. Hal  ini berkaitan dengan kompetensi global. Selain arus modal barang jasa, persaingan tenaga kerja merupakan bagian implikasi Indonesia yang juga merupakan bagian dari MEA. Dengan adanya SKKNI, maka akan membantu mempercepat sertifikasi tenaga terampil.

 Lanjutnya, peserta SKKNI telah disertifikasi dalam rentang usia 19 s/d 24 tahun dan belum bekerja merupakan prioritas nasional dalam pengembangan SDM. Presiden menekankan peningkatan SDM bangsa dapat meningkatkan daya saing secara. Dalam konteks ini, peningkatan  daya saing tenaga kerja harus menjadi perhatian pemerintah pusat/daerah dari Kominfo. BBPSDMP Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan yang dapat  meningkatkan produktifitas bangsa tidak hanya dibidang industri. Pemerintah melalui BBPSDMP Kominfo, sebagai salah satu penyelenggara kegiatan SKKNI, menyelenggarakan diskusi dengan tujuan dapat memberikan saran, usulan dan merumuksan kerjasama dengan pemerintah Kominfo daerah

Sambutan Kepala Balai Besar Pengembangan SDM Penelitian  Komunikasi dan Informatika (BBPSDMPKI) Medan Badan Litbang SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, Drs. Irbar Samekto, M.Si mengatakan kegiatan diskusi pengembangan SDM TIK BBPSDMPKI berupaya memberikan gambaran hasil kegiatan SKKNI yang telah dilaksanakan   di berbagai wilayah Kota dan kab di wilayah kerja BBPPKI Medan, sekaligus  untuk menyatukan pandangan akan pengembangan SDM Kominfo yang merupakan  tugas utama dari Badan Litbang SDM Kominfo.“Kehadiran Badan Litbang SDM di era  globalisasi  tentu akan banyak tuntutan dalam menyiapkan SDM kominfo yang kompeten dalam segi pembuatan kebijakan maupun program dan kegiatan pengembangan SDM kominfo,” ujar Irbar. Diskusi Pengembangan SDM TIK dilanjutkan dengan pemaparan dari nara sumber:

  1. Penguatan kemitraan dalam peningkatan kapasitas SDM TIK di Indonesia (Dr. Gati Gayatri, Kepala Pusat pengembangan Profesi komunikasi Kemkominfo).
  2. Akreditasi kelembagaan diklat teknis TIK aparatur (Dr. Nusirwan, Kepala BBPTIK Kemkominfo).
  3. Optimalisasi program USO dalam peningkatan layanan e-Government (Dr. Fadilah Matar, Direktur umum BP3TI Kemkominfo).
  4. Kompetensi persiapan pelatihan calon ketenagakerjaan (Ir.John Heri,Direktur Eksekutif BKSP Provinsi Kepri).

Dari hasil pemaparan materi tersebut sampai pada sebuah kesimpulan bahwa, pada penyelenggaraan pengembangan SDM Kominfo, proses rekrument pesetra belum berjalan dengan baik dan belum masuk dalam kategori siap kerja namun hanya siap lulus. Selain itu,  peserta yang terjaring  rata-rata sedang kuliah sedangkan sertifikat hanya berlaku 2 tahun, sehingga mereka tidak dapat memanfaatkan sertifikat tersebut. Dengan dilaksanakannya diskusi ini diharapkan dapat bermanfaat dalam upaya merumuskan langkah pengembangan SDM Kominfo ke depan yang bermanfaat bagi kab/kota maupun provinsi yang berada di wilayah perbatasan.(marta)

Tags: , , , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment