Home / Berita / Program Jaminan Sosial Di Bidang Ketenagakerjaan

Program Jaminan Sosial Di Bidang Ketenagakerjaan

bakohumasPemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara bekerjasama BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut menyelenggarakan Temu Konsultasi Bakohumas Sumut bertempat di Hotel Garuda Plaza Medan, Senin (6/11). Temu konsultasi Bakohumas ini bertujuan untuk menjalin sinergitas kerjasama antara anggota Bakohumas Provsu guna mengoptimalkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Wilayah Sumatera Utara. Dengan tema ” Perkembangan kepesertaan BPJS Tenagakerja di Sumatera Utara. Hadir pada acara tersebut Pengurus dan Anggota Bakohumas Provinsi Sumatera Utara, Kepala OPD di Lingkungan Pemprovsu, serta Media Cetak dan Elektronik.

Acara tersebut dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir.H. Tengku Erry Nuradi, M.Si yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Nouval Makhyar, SH. Dalam sambutan tertulis Gubsu yang dibacakan Nouval Makhyar, SH menegaskan Sesuai Data BPJS Ketenagakerjaan pada tanggal 30 September 2017 bahwa Wilayah Sumatera Utara terdapat 70,42% Tenaga Kerja Formal dan 98,57% Tenaga Kerja Informal yang belum ter-cover dalam BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga masih menjadi pekerjaan rumah bagi BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut selaku penerima mandat sebagai penyelenggara program jaminan sosial di bidang ketenagakerjaan seperti diamanatkan Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang BPJS.

Kepala Kantor BPJS Tenaga Kerja Wilayah Sumbagut Umardin Lubis selaku narasumber menyampaikan bahwa menurut UU 24 Tahun 2011 tentang BPJS berfungsi menyelenggarakan empat program yaitu, Program Jaminan Kecelakaan Kerja, Program Jaminan Hari Tua, Program Jaminan Kematian dan Program Jaminan Pensiun. Program jaminan kecelakaan kerja yaitu  yang terjadi akibat hubungan kerja demikian juga kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan berangkat dari  rumah menuju tempat kerja dan pulang kerumah melalui jalan yang biasa dilalui.

Lanjutnya untuk pertanggungan jaminan kecelakaan kerja BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan bantuan  kepada peserta BPJS  berupa jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan pensiun. Selama tidak bekerja, peserta tersebut masih tetap menerima upah dengan ketentuan dari BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, BPJS Ketenagakerjaan juga akan memberikan santunan apabila kecelakaan berdampak pada cacatnya peserta.

BPJS Ketenagakerjaan  sangat penting untuk dimiliki para pekerja karena hal ini menjadikan beban  ketika menghadapi  resiko terkait pekerjaan yang kerap kali terjadi  diluar kendali. BPJS Ketenagakerjaan  sangat peduli dengan kesejahteraan dan jiwa masyarakat , bergabunglah  bersama  BPJS Ketenagakerjaan, lindungilah jiwamu, lindungilah keluargamu dan sejahtera-kan masa tuamu bersama BPJS Ketenagakerjaan.(marta)

Tags: , , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment