Home / Berita / Diskominfo Provsu Laksanakan Sosialisasi Pengelolaan Layanan E-Government

Diskominfo Provsu Laksanakan Sosialisasi Pengelolaan Layanan E-Government

smart-province-sumatera-utaraDalam sambutan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Mhd. Fitriyus, SH, MSP mengatakan E-Government merupakan tata kelola Pemerintahan yang berbasis teknologi dan harus diterapkan di Pemprovsu sebagai wujud akses pelayanan yang efektif dan efisien untuk masyarakat. Agar sistem tata kelola E-Government ini terkoordinasi dengan baik harus didukung oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara. “Setiap OPD tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota harus mengidentifikasi secara rinci pelayanan publik menjadi tugas pokoknya serta berbagai pelayanan tersebut ditataulang atau disusun kembali dengan konsep E-Government.” ujar Gubsu.
Lebih lanjut dikatakan Gubsu bahwa kualitas pelayanan publik merupakan salah satu indikator utama kinerja Pemerintah daerah serta semakin baik pelayanan yang diberikan, semakin meningkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah.
Gubsu meminta kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya serta menyerap ilmu dan wawasan terkait pengelolaan layanan E-Government agar bisa menjadi panduan dalam menjalankan tugas pembangunan Pemprovsu yang semakin kompleks.
Kepala BBPSDMP Kominfo Medan diwakili Abdul Rahman Harahap, S.Sos, M.Si selaku narasumber mengatakan pengembangan E-Government menjadikan pembentukan jaringan informasi dan transaksi pelayanan publik yang memiliki kualitas dan lingkup yang dapat memuaskan masyarakat luas serta dapat terjangkau di seluruh wilayah Indonesia.
Smart City Innovation Team Politeknik Negeri Medan Bapak Ing. Heru Pranoto, S.T., M.Sc selaku narasumber menjelaskan bahwa Pemahaman tentang E-Goverment untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan.
Heru menambahkan peran E-Government dapat mewujudkan sistem Open Government yang menerapkan konsep Open Data Strategi Pengelolaan E-Government mencakup Perencanaan, Aplikasi, Intrastruktur dan SDM.
Kepala Bidang Layanan E-Government Dra. Eli Suhaeriyah, M.Si selaku Moderator menyampaikan tujuan diadakannya Sosialisasi ini untuk Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perencanaan, infrastruktur jaringan dan aplikasi dalam menunjang kegiatan E-Government serta mendorong pengelolaan pemerintahan berbasis E-Government dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel.
Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Pejabat Eselon III dan IV di jajaran Dinas Kominfo Provsu. (LIP)

 Sumber

Tags: , , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment