Home / Berita / Festival Literasi di Sumatera Utara Berhasil Pecahkan Rekor Muri

Festival Literasi di Sumatera Utara Berhasil Pecahkan Rekor Muri

Para pegiat literasi di Sumatera Utara (Sumut) berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan pengguna Big Book terbanyak di Indonesia. Pemecahan rekor MURI dalam rangka puncak acara Festival Literasi Sumatera Utara dengan pelatihan penggunaan Big Book yang dihadiri 1.486 peserta, terdiri dari berbagai kalangan seperti guru, mahasiswa, siswa, komunitas, dan masyarakat di halaman Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara, Jalan Brigjen Katamso, Medan, Rabu (18/10/2017)

Gubsu Dr Ir.H.T Erry Nuradi, M.Si mengatakan, Big Book adalah sebuah buku besar berisi kalimat-kalimat sederhana dengan gambar-gambar yang mengilustrasikan isi kalimat, apa yang kita canangkan beberapa lalu di Sumut sebagai Provinsi Literasi maka hari ini dicanangkan Festival Literasi untuk Sumut, sekaligus pemecahan rekor MURI. Berhasil diraihnya penghargaan MURI akan menambah semangat Provinsi Sumut untuk terus mendorong seluruh masyarakat rajin membaca dan memaknai, serta menerapkan apa yang dibaca.”Kita terus menggiatkan literasi, apalagi sekarang ada teknologi, kita bisa melihat melalui smartphone,” ujarnya.

Pemecahan rekor MURI dihadiri Gubsu, Tengku Erry Nuradi, perwakilan Konjen Amerika Serikat di Medan, Juha P Salim, Ketua Forum Masyarakat Literasi (FORMAL-SU), Hasban Ritonga, Anggota DPRD Sumut, Sopar Siburian, Kadis Perpustakaan dan Arsip Sumut, Ferlin Nainggolan. Sementara Kadis Perpustakaan dan Arsip Ferlin Nainggolan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai provinsi Literasi yang telah dideklarasikan oleh Gubernur Sumatera Utara Dr Ir H T Erry Nuradi M.Si pada bulan Mei 2017.

Pemecahan rekor MURI dilanjutkan dengan memeragakan pembacaan BIG Book kepada masyarakat, hal ini merupakan salah satu cara memperkenalkan metode literasi kepada masyarakat Sumut. Dengan adanya sosialisasi penggunaan Big Book sebagai media kreatif pengembangan literasi, membaca, menulis dan menyimak diharapkan anak-anak usia sekolah dapat langsung memraktikan di sekolahnya.(marta)

Tags: , , , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment