Home / Berita / Pelatihan Pengelolaan Jurnal Elektronik Menggunakan Open Journal System (OJS) Di BBPPKI Medan

Pelatihan Pengelolaan Jurnal Elektronik Menggunakan Open Journal System (OJS) Di BBPPKI Medan

pengelolaan-e-jurnal-kominfo

Pelatihan pengelolaan jurnal elektronik  diikuti oleh para dewan redaksi pengelola Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan (JPKP) dan pengelola Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (JTIK), di Aula Kantor BBPPKI Medan, Kamis,12 Oktober 2017. Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan wawasan dalam pengelolaan jurnal online kepada dewan redaksi jurnal di BBPPKI Medan dengan menggunakan Open Journal System (OJS). Adapun materi pelatihan yaitu evaluasi jurnal di BBPPKI Medan, proses bisnis open jurnal system, pelatihan pengelolaan  jurnal, dan pemaparan mengenai penilaian akreditasi jurnal. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan pengelola jurnal dapat semakin memahami standar dasar manajemen pengelolaaan jurnal agar dapat menghasilkan jurnal yang terakreditasi sesuai dengan  peraturan Kepala LIPI No. 3 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala dan SE Dirjen DIKTI No. 212/E/T/2012 tentang Pengelolaan Jurnal Ilmiah Elektronik.

Narasumber dari LIPI, Andri Agus Rahman, S.Kom dalam  paparannya mengatakan,  pengelolaan jurnal dengan Open Journal System (OJS), dimulai dari proses penerimaan naskah hingga penerbitan jurnal secara elektronik dengan format e-journal, kini banyak diminati oleh peneliti. Penggunaan OJS akan sangat berpengaruh terhadap optimalnya publikasi hasil-hasil penelitian sehingga bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Selain itu, dengan adanya penggunaan OJS ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil penelitian keilmiahan dan memenuhi standar umum dalam pengelolaan jurnal.

Kesuksesan pelatihan OJS  ini ditandai dengan antusiasme pengelola jurnal yang cukup besar. Antusiasme ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan dari pengelola jurnal mengenai proses akreditasi dan pengelolaan jurnal. Selain itu, adanya evaluasi dari narasumber pada pelatihan OJS ini memberikan masukan-masukan yang sangat bermanfaat kepada pengelola JPKP dan JTIK BBPPKI Medan dan menjadi bahan perbaikan bagi redaksi. JPKP dan JTIK  dapat diakses di jurnal.kominfo.go.id. (marta)

Tags: , , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0