Home / Berita / Gerakan Bangga Berbahasa Indonesia

Gerakan Bangga Berbahasa Indonesia

gerakan-berbahasa-indonesia

Balai Bahasa Sumatera Utara bersama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud menggelar Gerakan Bangga Berbahasa Indonesia. Dalam kegiatan ini diikuti sekitar 1000 orang dari berbagai kalangan seperti pelajar, guru, mahasiswa, aktivis dan himpunan kemasyarakatan yang digelar di Taman Ahmad Yani, Minggu,8 Oktober 2017.
Turut hadir acara pembukaan tersebut Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Prof Dr Gurfan Ali Ibrahim MA, Gubernur Sumatera Utara, Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Kepala Balai Bahasa Sumut T.Syarfina. Acara yang digagas Balai Bahasa Sumatera Utara dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud tersebut, sebagai wujud kepedulian terhadap bahasa yang kini belum sempurna di ruang publik.
Gubernur Sumatera Utara, Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si, menyatakan sebagai warga negara Indonesia yang cinta dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), apapun etnis dan sukunya kita harus memiliki sikap bangga berbahasa Indonesia. Pernyataan sikap itu ditandai dengan membubuhkan tanda tangan di atas slogan Gerakan Bangga Berbahasa Indonesia. “Gunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar di tempat-tempat umum seperti di perkantoran, pemerintahan, sekolah, kampus, pasar dan lokasi lainnya sebagai alat komunikasi resmi kita,” ujar Erry dalam sambutannya saat membuka Gerakan Bangga Berbahasa Indonesia.
Sementara Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI, Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, MS mengatakan, masih banyak penggunaan bahasa Indonesia yang belum sempurna terutama diruang publik. Oleh karenanya dengan adanya kegiatan ini pemakaian bahasa Indonesia secara baik dan benar dapat terus ditingkatkan.
Kegiatan yang diikuti lebih seribu orang ini menampilkan berbagai Rangkaian acara seperti Karnaval Kebahasaan, 1000 Tanda Tangan Bangga Berbahasa Indonesia, Penyematan Duta Bahasa Kehormatan, Marching Band, Lomba Sepeda Hias, Lomba Mewarnai, Lomba Foto Literasi, Baca Puisi, Mendongeng/Membaca Cerita Rakyat, Parade Duta Bahasa, dan hiburan musik. Gerakan bangga berbahasa Indonesia ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat untuk bangga mencintai bahasa Indonesia dan sekaligus menyadarkan agar masyarakat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.(marta)

Tags: , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0