Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK di Kota Samarinda

Sertifikasi SKKNI Bidang TIK di Kota Samarinda

sertifikasi-skkni-bidang-tik-di-kota-samarindaBalai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda menyelenggarakan fasilitasi Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK bagi angkatan kerja muda Indoensia pada tanggal 26 – 29 September 2017 di Kota Samarinda. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu angkatan kerja muda khususnya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan bidang TIK, yaitu lulusan SMK, D1, D2, D3, dan S1 dalam memperoleh sertifikasi keahlian, Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Walikota Samarinda, Ir. H. Nusyirwan Ismail pada acara pembukaan bertempat di Aula Rumah Dinas Walikota Samarinda. Dan dihadiri oleh para undangan, diantaranya Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kota Samarinda H. Syarif Hidayatullah, Pimpinan OPD Kota Samarinda, Dekan Fakultas TI Komunikasi Universitas Mulawarman, Pimpinan Politeknik Pertanian Samarinda, dan pihak media.
Dalam sambutan Kepala Badan Litbang SDM yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan Drs. Irbar Samekto. M.Si, menyampaikan : Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo dalam mengembangkan program “Indonesia Kerja” yang termaktub dalam Nawa Cita, yakni program prioritas pemerintah yang ditujukan untuk membantu perluasan lapangan dan kesempatan kerja, sehingga tenaga kerja kita siap bersaing dalam menyambut era perdagangan bebas di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area – AFTA) sebagai bagian dari Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Kegiatan ini di ikuti 72 (tujuh puluh dua) orang peserta dari alumni SMK, D1, D2, D3 dan S1 yang telah diseleksi dari 300 orang peminat yang berasal dari wilayah Kota Samarinda, Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara menjalini sertifikasi berbasis SKKNI dengan bidang keahlian : Network technician (24 orang), Junior Technical Support ( 5 orang ), Junior Office operator (10 orang ), Junior Digital Artis, ( 13 orang ), Junior Programer (6 orang ), dan Junior Web Programer (14 orang). Adapun Tempat Uji Kompetenasi (TUK) adalah STIMIK Widya Cipta Darma Samarinda dengan menggunakan fasilitas Ruang Praktek Laboratorium Jaringan, Lab. Software. Uji Kompetensi/assessment dilakukan oleh Tim Asessor dari Lembaga Sertifikasi Profesi ( LSP ) Komputer dari Jakarta.
Sambutan Walikota Kota Samarinda yang diwakili oleh Wakil Walikota Samarinda Bapak Ir. H. Nusyirwan Ismail, menyampaikan agar semua para peserta bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk benar-benar belajar dan menambah pengetahuan agar memiliki kemampuan yang lebih baik di bidang TIK. Walikota juga mengimbau bagi kaum muda untuk mencoba membangun bisnis sendiri yang sesuai minat dan bakat. Mulailah menjadi wirausaha, dengan memanfaatkan TIK. Saya yakin dengan ketekunan, semangat, menggunakan teknik yang tepat dan efektif, maka kesuksesan pun bisa diraih.

Tags: ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0