Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK di Kota Bukittinggi

Sertifikasi SKKNI Bidang TIK di Kota Bukittinggi

foto-bukit-tinggiBukittinggi  – BBPPKI Medan – Balai Besar Pengkajian dan pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kominfo kembali menggelar Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Berbasis SKKNI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi angkatan kerja muda Indoensia,  Rabu (20 – 23 September 2017) di Bukiot Tinggi.  Peserta kegiatan sertifikasi ini berjumlah 70 orang peserta, terdiri dari lulusan SMK, D1, D2, D3, bahkan dari S1 bidang TIK yang pesertanya terdiri dari  Kota Bukit Tinggi dan sekitarnya yaitu dari kabupaten Solok, kota madya Solok dan kota Sawahlunto. Acara pembukaan dilaksanakan di Aula Kantor Balai Kota Bukit Tinggi. Kegiatan Bimtek dan sertifikasi di Bukit Tinggi ini dilaksanakan selama 4 hari yang berlangsung dari tanggal 20 – 23 September 2017. Seluruh biaya dari rangkaian kegiatan Bimtek dan Sertfikasi SKKNI ini dibebankan pada DIPA BBPPKI Medan Tahun Anggaran 2017. Kegiatan ini dilaksanakan oleh BBPPKI Medan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Bukit Tinggi,   LSP Telematika Jakarta – Indonesia, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bukit Tinggi Sumatera Barat.

Kegiatan ini diawali  oleh Pembukaan oleh MC (dari Dinas Komunikasi dan Informatika BUkit Tinggi), Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dan Doa. Acara selanjutnya kemudian di lanjutkan dengan laporan ketua panitia pelaksana, Amal Hasyim, Kabag Tata Usaha BBPPKI Medan, yang antara lain mengemukakan “Fasilitasi sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI ini bertujuan untuk membantu angkatan kerja muda Indonesia lulusan Sekolah Menengah kejuruan (SMK), D1, D2 dan D3 dalam memperoleh sertifikat keahlian.  Sasaran kegiatan ini adalah terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) TIK yang lulus uji kompetensi standar yang dapat dimanfaatkan dalam mencari lapangan pekerjaan baik ke dalam maupun keluar negeri, terutama menghadapi MEA yang sudah berlangsung sejak Tahun 2015”. Selanjutnya diikuti sambutan Kepala BBPPKI Medan Drs. Irbar samekto, M.Si yang antara lain bahwa “Kementerian Kominfo melihat akan kemajuan-kemajuan dalam implementasi TIK tentunya akan sangat perlu ditindaklanjuti dengan kemanpuan SDM yang tersedia  untuk menjawab tantangan kemajuan TIK tersebut sudah sangat tentu perlu dibarengi dengan ketersediaan SDM TIK yang ada, baik secara regional, nasional maupun Internasional, terutama dalam menghadapi MEA. Itulah sebabnya sangat diperlukan SKKNI untuk memperoleh sertifikasi yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk bersaing dengan tenaga – tenaga asing. Kementerian Kominfo bersama-sama pemerintah Kabupaten/Kota melaksanakan SKKNI seperti yang dilaksanakn di Bukit Tinggi ini, semoga dengan pelaksanaan Sertifikasi SKKNI di bukit Tinggi ini dapat bermanfaat bagi peserta untuk dapat digunakan dalam/untuk mencari lapangan pekerjaan. Acara di buka oleh Bpk Sekretaris Daerah Kota Bukit Tinggi Bapak  H. Yuan Karnova, SE, ME.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kota Bukit Tinggi memberikan aspirasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya program sertifikasi SKKNI di Bukit Tinggi ini. dengan harapan bahwa dengan bekal kompetensi yang dimilki dan tersertifikasi dari Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP), dapat berkiprah dalam rangka pemenuhan kebutuhan tenaga kerja lokal maupun regional dan internasional-.

Lebih lanjut Sekdakota Bukit Tinggi mengatakan Memiliki sertifikasi itu penting, namun lebih penting lagi kita perlu mengikuti perkembangan klemajuan TI. Hal ini sejalan dengan tujuan Pemerintah Daerah/Kota Bukit Tinggi dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia,  baik lokal maupun regional membutuhkan tenaga kerja terampil, kompeten dan memiliki sertifikasi keahlian sesuai dengan bidang kompetensinya masing-masing menjadi sangat penting.”

Turut hadir dalam kegiatan Bimtek dan sertifikasi SKKNI bidang Telematika di Bukit Tinggi,  20 – 23 September 2017, adalah Sekretaris Daerah/Kota Bukit Tinggi H. Yuan Karnova, SE, ME, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bukit Tinggi Drs. Johnni, beserta seluruh pejabat struktural dan staf, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bukit Tinggi Drs. Yon Afrizal, M.Pd, dan Direktur LSP Telematika Jakarta: Victor Terinathe beserta Assesor.

Di akhir sambutannya Sekdakota Bukit Tinggi sekali lagi menyampaikan ucapan terima kasih kepada kementerian Komunikasi dan Informatika BBPPKI Medan yang telah memberikan amanah/Bimtek dan Sertifikasi SKKNI di Bukit Tinggi, dan  kepada SMK Negeri 1 Bukit Tinggi sebagai Tempat Uji Kompetensi.

Tags: ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment