Home / Berita / Festival TIK 2017 Banda Aceh

Festival TIK 2017 Banda Aceh

Banda Aceh(19/9) Festival TIK 2017 yang berlangsung pada tanggal 19 s/d 20 September 2017 diselenggarakan di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syahkuala Banda Aceh melibatkan Relawan TIK dan seluruh stakeholder yang merupakan bagian dari masyarakat informasi .  Festival TIK 2017 kali ini mengusung tema “Literasi Internet Pilar Ekonomi dan Pariwisata Digital Indonesia” dan dalam kegiatan selama dua hari ini diadakan beberapa kegiatan seperti  Diskusi PublikGenerasi Muda dan Literasi Digital, Program Satu Juta Domain, Digital Enterpreneur, Whitelist Nusantara, Cyber Security, Nelayan Go Online, Petani Go Online, UMKM Go Online dan masih banyak kegiatan positif lainnya. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menyelenggarakan Sertifikasi berbasis SKKNI Bagi Relawan TIK. Dalam Sertifikasi kali ini diikuti oleh 45 peserta yang merupakan Relawan TIK yang berasal dari beberapa beberapa Provinsi di Indonesia.

Acara Pembukaan Festival TIK 2017 dihadiri oleh Wakil Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT, Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, Rektor Universitas Syahkuala, Prof.Dr. Syamsul Rizal, M.Eng, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Ditjen Aptika, Septriana Tangkary, SE, MM, dan Guru Besar Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan dan Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto. Dalam sambutannya Wakil Gubernur Aceh mengatakan pentingnya peningkatan pemahaman literasi internet untuk mewujudkan masyarakat informasi Indonesia yang berdaulat. Sementara itu Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Ditjen Aptika mengatakan literasi internet masyarakat khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai pilar ekonomi digital Indonesia sedangkan Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto mengatakan pentingnya membangun kapasitas Relawan TIK Indonesia sebagai bagian dari masyarakat informasi, penggerak ekonomi dan sosial berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Setelah acara Pembukaan dilaksanakan Diskusi dengan Narasumber Rektor Universitas Syahkuala, Prof.Dr. Syamsul Rizal, M.Eng, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Ditjen Aptika, Septriana Tangkary, SE, MM, Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang IT, Sam Sriyono Nugroho,  Guru Besar Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, Head of Digital Service Divison Telkom, Arief Mustain dan Ketua APJII, Jamalul Izza. Diskusi ini berlangsung cukup menarik dan diwarnai dengan tanya jawab dari Relawan TIK yang berasal dari 34 Provinsi. Festival TIK yang merupakan kegiatan tahunan semenjak tahun 2012 merupakan pertemuan para stakeholders bidang TIK baik lembaga pemerintah, komunitas bisnis, komunitas TIK, akademisi dan masyarakat. Tujuan penyelenggaraan Festival  TIK ini selain mendekatkan masyarakat Indonesia dengan dunia TIK juga meningkatkan pemahaman pentingnya literasi internet untuk mewujudkan masyarakat informasi yang berdaulat. (Ratna)

Tags: , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment