Home / Berita / Pelaku UMKM Binaan Dinas Ketahanan Pangan Diberi Pelatihan TIK

Pelaku UMKM Binaan Dinas Ketahanan Pangan Diberi Pelatihan TIK

umkm

Salah satu modal penting dalam pengelolaan UMKM adalah tersedianya SDM yang memadai dari segi penggunaan teknologi informasi komunikasi (TIK) dan saat ini ketersediaan SDM yang bergerak dibidang TIK masih kurang, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara melalui Pusat Sistim Informasi  menggelar pembinaan sumber daya manusia (SDM) bidang teknologi informasi Komunikasi bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan  Dinas Ketahanan Pangan  Kota Medan di Aula Kantor, Jalan Sidorukun Medan, Senin (11/9).

Dengan tujuan untuk melatih para UMKM sehingga mampu mempromosikan usahanya dan pengembangan usahanya melalui sistem informasi  berbasis website  adapun sistem informasi  yang dibangun dengan menggunakan webblog, wordpress. Pelatihan Teknologi informasi bagi pelaku UMKM dibuka Kepala  Dinas Kominfo Medan Zain Noval.

Pelatihan berlangsung selama  lima hari, materi yang dipelajari dengan menggunakan photo shop  dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mempelajari webbloger dengan menggunakan wordpress selama 3 (tiga) hari. Dalam pelatihan ini, peserta  yang merupakan  UMKM  binaan  Dinas Ketahanan Pangan  Kota Medan  diberi pemahaman  mengenai  berbagai hal terkait TI teknologi informasi, oleh  nara sumber  yang  merupakan praktisi  serta pengajar dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Pada hari pertama dan kedua, peserta diajak  memahami teknik  photoshop dan disain grafis, baik teori maupun praktek nya, dilanjutkan pelatihan membuat website yang kelak berguna  bagi pelaku UMKM. Nara sumber Ulfi Andayani, S.Kom.,M.Kom mengatakan dari pelatihan ini  setiap dari peserta tetap melanjutkan konten isi dari blog dan aktif  memasarkan produk UMKM, juga  menggunakan media sosial lainnya dalam memasarkan produk UMKM ke masyarakat. Nara sumber  membuka jalur komunikasi, melalui email dan telepon selular, sehingga bagi para pelaku UMKM yang menemui kendala atau ingin berkonsultasi tentang pemanfaatan TIK dapat tetap berkomunikasi dengan para pengajar.(marta)

Tags: , , , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0