Home / Berita / Bimbingan Teknis Pelaksanaan Urusan Pemerintah Bidang Kominfo Sub Urusan Informasi Dan Komunikasi Publik

Bimbingan Teknis Pelaksanaan Urusan Pemerintah Bidang Kominfo Sub Urusan Informasi Dan Komunikasi Publik

Bimbingan Teknis Pelaksanaan Urusan Pemerintah Bidang Kominfo Sub Urusan Informasi Dan Komunikasi PublikKementerian Kominfo selaku pembantu Presiden berdasarkan Peraturan presiden Nomor 54  tahun 2015 bertugas  menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika. Sehubungan dengan hal itu, Direktorat Komunikasi Publik  bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provsu melaksanakan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Urusan Pemerintahan bidang Kominfo sub urusan informasi dan Komunikasi Publik, Jumat-Sabtu/ 25-26 Agustus 2017 di Gedung Bina graha Pemprov Sumatera Utara Jl.Pangeran Dipanegoro No 21 A, Medan.

Dengan dihadiri oleh Ibu Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik/ yang mewakili, Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa; Ibu Plt. Direktur Komunikasi Publik; Direktur E-Government/ yang mewakili, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Biro Organisasi dan Kepala Bagian Organisasi Prov/Kab/Kota Sumatera Utara, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau.

Laporan Ketua panitia, Kasubdit Tata  Kelola Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Helmi Hafid, dalam  laporannya mengatakan tujuan penyelenggara Pemerintahan yang dilakukan baik di pusat maupun daerah adalah untuk melindungi, melayani, memberdayakan, dan menyejahterakan seluruh masyarakat. Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan tersebut, sesuai amanat Pasal 16 ayat (1) huruf b dalam Undang – Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah pusat berwenang untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Kewenangan Pemerintah Pusat dilaksanakan oleh kementerian dan lembaga pemerintah non kementerian Pasal 374 menyatakan Kementerian/lembaga pemerintah non kementerian melakukan pembinaan dan pengawasan yang bersifat teknis.

Sehubungan dengan itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai Kementerian teknis yang membidangi urusan Komunikasi dan Informatika berwenang untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Sedangkan Kementerian Dalam Negeri melaksanakan pembinaan dan pengawasan yang bersifat umum.  Dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman SDM perangkat daerah bidang Kominfo tentang manajemen pelaksanaan urusan pemerintahan bidang Kominfo sub urusan informasi dan komunikasi publik. Digelarnya Bimtek ini diharapkan agar seluruh peserta dapat melindungi, melayani, memberdayakan, menyejahterakan seluruh masyarakat juga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik di instansi masing-masing dalam mengelola informasi dan komunikasi publik yang baik.(marta)

Tags: , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0