Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Bimtek dan Sertifikasi SKKKNI Bidang TIK Bagi Angkatan Kerja Muda Kabupaten Paser

Bimtek dan Sertifikasi SKKKNI Bidang TIK Bagi Angkatan Kerja Muda Kabupaten Paser


bidang-tik-di-kab-paserPaser (5/9) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI melalui Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan bekerjasama dengan Pemerintahan Kabupaten Paser melaksanakan fasilitasi bimbingan teknis dan sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi angkatan kerja muda di Tanah Grogot Kabupaten Paser.

Pembukaan acara dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bidang Hukum, Prof.Dr.Henri Subiakto, MA, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Drs. Irbar Samekto, M.Si, Direktur LSP Komputer, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kapolres Paser yang diwakili, Kepala Kejaksaan Paser yang diwakili, Kepala Orgnisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Kabupaten Paser.

Berdasarkan laporan ketua panitia, Abdul Rahman Harahap, S.Sos, M.Si, kegiatan ini diikuti 71 peserta dari Kabupaten Paser dan sekitarnya yang terdiri dari lulusan SMK , D1, D2 dan D3, SI bidang TIK. Adapun bidang keahlian yang dapat dipilih oleh peserta sesuai dengan kompetensi masing-masing adalah Practical Office, Helpdesk, Digital Artis, Junior Networking dan Junior Programing. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 5 s.d. 8 September 2017. Tes Uji Kemampuan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanah Grogot dengan menggunakan fasilitas Ruang Laboratorium Komputer. Uji kompetensi (assessment) dilaksanakan oleh Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komputer.

Sambutan Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang diwakili oleh Kepala BBPPKI Medan, Drs.Irbar Samekto, M.Si. Dalam sambutannya menyampaikan kegiatan bimtek dan sertifikasi SKKNI Angkatan Kerja Muda ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo mengimplementasikan program “Indonesia Kerja” yang termaktup dalam Nawa Cita, yakni memperkuat daerah-dearah untuk memperkuat NKRI serta meningktakan kualitas hidup manusia Indonesia. Teknologi diberbagai bidang, terutama teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terus berevolusi dan menuntut pada perubahan peradaban dunia menuju awal revolusi industri ke empat (globalisasi digital).

Seiring dengan perubahan tersebut, era perdangangan bebas regional dan global telah melahirkan kerjasama antara Negara pada bidang ekonomi, ilmu dan teknologi, sehingga terjadi peningkatan mobilitas manusia, barang dan jasa. Bekerjasama untuk menerapkan pasar bebas dilingkup regional AFTA(Asean Free Trade Area), dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Kementerian Kominfo dalam pengembangan SDM bidang TIK terkait dengan kompetensi kerja dimasyarakat telah menyusun dan mengesahkan peraturan Kominfo, No 24 tahun 2015 tentang pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Kominfo. Upaya penyiapan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas untuk menghadapi MEA dan globalisasi digital tersebut, perlu adanya sinergitas dan kontinuitas penyiapan program pengembangan SDM bidang Kominfo. Bersama-sama dengan Pemerintah Kota atau Kabupaten se Indonesia termasuk Kabupaten Paser agar terwujud pemerataan pengembangan SDM bidang Kominfo di setiap Daerah.

Sambutan Keynot Speker Staf Ahli Bidang Hukum Menteri Komunikasi Informatika (Kominfo) RI, Prof.Dr.Henri Subiakto, SH, MA mengatakan masyarakat Indonesia pada saat ini mulai beralih ke era teknologi informasi. Di mana semua kegiatannya sehari-hari berurusan dengan teknologi atau internet dan hampir setiap orang memiliki handphone, atau smartphone yang ditunjang dengan internet. Masyarakat mulai berdagang dan belanja melalui internet bahkan bersosialisasi pun banyak dilakukan di media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan whatsapp. “Masyarakat harus dibekali juga dengan cara penggunaan teknologi dan informasi sehingga tidak melanggar undang-undang,” ujar Henri.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Paser Drs.H.Yusriansyah Syarkawi, M.Si, di Aula Hotel Grand Sadurengas,Tanah Grogot, Jln Kusuma Bangsa Km 5 Tana Paser, selasa (5/9). Dalam sambutannya mengatakan, era kemajuan yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menuntut kita bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusai utamanya dalam hal penguasaan teknologi, khususnya bagi calon tenaga kerja produktif dari tingkatan SMK sampai Diploma 3. Baik laki maupun perempuan, cerdas dalam mengggunakan teknologi modern yang dipadukan oleh keterampilan serta kecakapan dalam mengelola informasi, serta bijak dalam pengggunaan media social, akan membawa efek positif kepada setiap individu. Sekaligus bisa mengambil manfaaat dari penggunaan media teknologi informasi dan komunikasi.
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang baik akan menjadi solusi cerdas warga Negara dalam mendukung program pemerintah mewujudkan salah satu tujuan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diimplementasi dalam satu Nawacita pemerintah RI, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program “ Indonesi Pintar’, dan di Kabupaten Paser, hal ini masuk salah satu misi yaitu meningkatkan pelayanan dasar dibidang pendidikan dan kesehatan. Selanjutnya beliau mengharapkan pelatihan yang diselenggarakan ini dapat memberikan kontribusi pemikiran dan pemahaman penggunaan perangkat teknologi dan informasi secara sehat, bijak, cerdas, kreatif dan produktif kepada seluruh peserta.(marta)

Tags: ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment