Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK di Kabupaten Payakumbuh

Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK di Kabupaten Payakumbuh

bimtek-dan-skkni-bidang-tikPAYAKUMBUH (23/8) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh melaksanakan fasilitasi bimbingan teknis (bimtek) dan sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi angkatan kerja muda di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pengembangan SDM, Dafrul Pasi, SIP, M.Si, di Aula Hotel Mangkuto, Payakumbuh, Rabu (23/8) dan dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementerian Kominfo, Prof. Dr. Henri Subiakto, SH, MA, Kepala BBPPKI Medan Irbar Samekto, M.Si, Kadis Kominfo Kota Payakumbuh, Elvi Jaya, ST, Direktur LSP Telematika, Victor Terinathe, Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh, Dr. Astuti Masdar, ST, MT dan perangkat daerah setempat.
Dalam sambutannya, Irbar Samekto menyampaikan bahwa kegiatan bimtek dan sertifikasi ini merupakan salah satu upaya negara untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia khususnya bidang kominfo untuk mampu bersaing/berkompetisi dalam dunia kerja secara global, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dalam hal ini perlu adanya sinergitas dan kontinuitas penyiapan program pengembangan SDM bidang Kominfo bersama dengan pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia termasuk Kota Payakumbuh agar terwujud pemerataan pengembangan SDM bidang kominfo di setiap daerah. Sertifikasi SKKNI hadir untuk menjembatani lulusan SMK, D1, D2, dan D3, S1 bidang TIK agar memiliki bukti kompetensi yang berguna dalam mencari pekerjaan. Beliau juga menghimbau kepada peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan sertifikasi tersebut dengan sebaik-baiknya sebagai kesempatan untuk menguji kompetensi dan mengembangkan diri menjadi SDM bidang TIK yang handal. Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementerian Kominfo, Prof. Dr. Henri Subiakto, SH, MA juga memberi pengarahan kepada peserta, yang merupakan generasi muda yang bergelut di bidang Teknologi Informatika agar terus mengembangkan kemampuan diri dan menjadi kreatif, untuk dapat terlibat dalam ekonomi digital saat ini.
Berdasarkan laporan Ketua Panitia, Amal Hasyim Siagian, S.Sos, kegiatan ini diikuti 70 peserta yang berasal tiga daerah yaitu Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Kabupaten Tanah Datar, yang terdiri dari lulusan SMK , D1, D2 dan D3 bidang TIK. Adapun bidang keahlian yang dapat dipilih oleh peserta sesuai dengan kompetensi masing-masing adalah Junior Network Administrator, Junior Graphic Design, Junior Commputer Operator, dan Junior Programmer. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 23 s.d. 26 Agustus 2017. Tes Uji Kemampuan dilaksanakan di Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Payakumbuh. Uji kompetensi (assessment) dilaksanakan oleh Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Telematika Jakarta.
Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Dafrul Pasi, SIP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui penyelenggaraan bimtek dan sertifikasi SKKNI diharapkan dapat mewujudkan angkatan kerja yang mampu mengisi lapangan kerja yang tersedia, karena ke depan Payakumbuh akan terus mengalami kemajuan sejalan dengan visi misi pembangunannya.

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment