Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK Pesisir Selatan

Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK Pesisir Selatan

sertifikasi-skkni-kab-pesisir-selatanBalai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan fasilitasi bimbingan teknis dan sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi angkatan kerja muda di Kota Painan Pesisir Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 4 Agustus 2017 dan diikuti oleh 80 peserta yang berasal dari lulusan SMK, D1, D2, D3, S1 bidang TIK di Kabupaten Pesisir Selatan. Acara pembukaan diadakan pada hari Selasa, 1 Agustus 2017 di Aula Hotel Saga Murni Pesisir Selatan dan dihadiri oleh Anggota Komisi I DPR RI, H. Darizal Basir, Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni, SH, MH, Kepala BBPPKI Medan, Drs. Irbar Samekto, Msi, Direktur LSP Telematika Jakarta, Victor Terinethe dan dihadiri juga oleh Kadis Kominfo Kab. Pesisir Selatan, Bpk. Muskamal.
Dalam sambutannya Kepala BBPPKI Medan, Drs. Irbar Samekto, Msi menyampaikan kegiatan bimtek dan sertifikasi ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia lulusan SMK, D1, D2 dan D3 bidang TIK karena terjadi ketidaksesuaian antara pekerjaan dengan latar belakang pendidikan sehingga kurang dari sisi keterampilan teknis yang dibutuhkan oleh dunia usaha. Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, SH, MH yang dalam sambutannya mengatakan upaya pengembangan SDM tenaga kerja di Kabupaten Pesisir Selatan tidak bisa ditunda lagi mengingat tenaga kerja asing dapat memasuki lapangan kerja di wilayah Indonesia mulai dari tingkat manejerial hingga tingkat teknisi dan operator. Sementara itu Anggota Komisi I DPR RI, H. Darizal Basir memberikan motivasi kepada para peserta sertifikasi generasi muda Pesisir Selatan agar selalu berusaha meningkatkan kompetensi diri karena Teknologi Informasi dan Komunikasi itu berkembang sangat pesat dan jika para peserta tidak berusaha meningkatkan kemampuan diri maka akan jauh tertinggal dan tidak mampu bersaing dengan tenaga kerja lain.
Adapun klaster yang dapat dipilih oleh peserta sesuai dengan kompetensi masing-masing adalah Junior Digital Artist sebanyak 3 orang, Junior Web Programming sebanyak 8 orang, Junior Technical Support sebanyak 23 orang Junior Programmer 1 orang, Network Technician 18 orang, Junior Office Operator 26 orang dan junior mobile programmer sebanyak 1 orang. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 1 s/d 4 Agustus 2017 dan Tempat Uji Kompetensi dilaksanakan di Akademi Komunitas Pesisir Selatan dengan menggunakan fasilitas ruang laboratorium komputer. Uji kompetensi dilaksanakan oleh Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika Jakarta. (Ratna)

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment