Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK Bagi Angkatan Kerja Muda Indonesia di Kota Langsa

Sertifikasi SKKNI Bidang TIK Bagi Angkatan Kerja Muda Indonesia di Kota Langsa

kota-langsaFasilitasi bimbingan teknis dan sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi angkatan kerja muda di Kota Langsa diikuti oleh 70 (tujuh puluh) orang peserta, lulusan SMK, DI, D2, D3 dan S1 bidang TIK atau yang sederajat dari wilayah Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Aceh Utara.
Kegiatan fasilitasi bimtek dan sertifikasi bagi angkatan kerja muda bidang kominfo ini bertujuan membantu angkatan kerja muda, khususnya lulusan sekolah menengah kejuruan bidang TIK dalam memperoleh sertifikat keahlian. Dalam acara pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BBPPKI Medan, Drs. Irbar Samekto, MSi, Wakil Walikota Langsa DR.H.Marzuki Hamid MM, Kadis Kominfo Kota Langsa Said Fuad Kelana, BE,ST, MAP, Direktur LSP Telematika Indonesia Viktor Terenathe dan turut hadir Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Langsa atau yang mewakili. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 17 s.d 20 juli 2017 dan tempat uji kompetensi dilaksanakan di SMK Negei 2 Langsa dengan menggunakan fasilitas ruang laboratorium komputer. Pembukaan kegiatan Fasilitasi Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Standar Kompetenasi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bagi Angkatan Kerja Muda di Kota Langsa berlangsung lancar di Hotel Harmoni, selasa (18/7)
Kegiatan SKKNI dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Langsa DR.H.Marzuki Hamid MM, yang dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dilaksanakan di Kota Langsa, diera kemajuan yang ditandai dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini telah menuntut kita semua untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 5 Tahun 2012 tentang system SKKNI sebagai salah satu rumusan kemampuan para tenaga kerja, yang mencakup aspek, pengetahuan, keterampilan dan keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan perundang-undangan. Melalui penyelenggaraan pelatihan ini harus terwujud angkatan kerja yang mampu mengisi lapangan kerja yang tersedia, karena kedepan Kota Langsa akan terus mengalami kemajuan sejalan dengan visi dan misi pembangunan,ā€¯ujarnya.

Kepala Badan Litbang SDM Kemkominfo yang diwakili Kepala BBPPKI Medan, Drs. Irbar Samekto,M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bimtek dan sertifikasi ini diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo merupakan upaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja bidang kominfo yang memenuhi standar kompetensi dan sertifikasi. Kepemilikan sertifikasi kompetensi tersebut mutlak agar tersambung dengan dunia usaha atau industri sekaligus menjadi upaya meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia. Kementerian Kominfo dalam upaya meningkatkan kompetensi kerja di masyarakat telah menyusun dan mengesahkan peraturan Menkominfo, No 24 tahun 2015 tentang pemberlakuan SKKNI bidang Kominfo untuk mewujudkan tenaga kerja bidang Kominfo yang kompeten dan profesional dalam meningkatkan daya saing nasional serta produktivitas lapangan usaha dan industri Kominfo. Upaya penyiapan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dalam menghadapi MEA dan persaingan global tersebut tidak bisa dilakukan dengan langkah-langkah bisa, perlu danya sinergitas dan kontinuitas penyiapan program pengembangan SDM bidang Kominfo bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota agar terwujud peningkatan pengembangan SDM bidang kominfo yang merata di setiap daerah. Kemasa depan, dalam menghadapi revolusi industri ke empat bidang Kominfo menjadi kekuatan leading sector dari seluruh sektor yang mempunyai peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bangsa.
Adapun Cluster yang dapat dipilih oleh peserta sesuai dengan kompetensi masing-masing adalah cluster Junior Technical Support, cluster Junior programmer, cluster Web Programmer, kcuster Network Technician, junior Tehnical Suport dan cluster Junior Digital Artist. Uji kompetensi dilaksanakan oleh Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Telematika Indonesia dari hasil uji kompetensi di Kota Langsa 92% dinyatakan kompeten. Bimtek dan sertifikasi SKKNI di Kota Langsa ditutup secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Kota Langsa Ir.Iskandar Syukri,MM,MT menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemkominfo Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan, karena Kota Langsa mendapat kesempatan dalam pelaksanaan fasilitasi bimtek dan SKKNI bagi angkatan kerja muda bidang Kominfo. Diharapkan dengan sertifikasi SKKNI ini bisa meningkatkan kemampuan dan daya saing angkatan kerja muda Indonesia, khususnya dalam menghadapi persaingan bebas di era Masyarakat Ekonomi Asean.(martha).

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment