Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Bimtek Dan Sertifikasi SKKNI Di Kota Batam

Bimtek Dan Sertifikasi SKKNI Di Kota Batam

skkni-batamKementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI Balitbang SDM Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Batam, LSP Telematika Indonesia melaksanakan fasilitasi bimbingan teknis dan sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi angkatan kerja muda di Kota Batam. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 16 Juni 2017 dan diikuti oleh 80 (delapan puluh) orang peserta, lulusan SMK, DI, D2, D3 dan S1 bidang TIK atau yang sederajat dari wilayah Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan Fasilitasi Bimtek dan sertifikasi bagi angkatan kerja muda bidang kominfo ini bertujuan membantu angkatan kerja muda, khususnya lulusan sekolah menengah kejuruan bidang TIK dalam memperoleh sertifikat keahlian. Dalam acara pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BBPPKI Medan, Drs. Irbar Samekto, Msi, Walikota Batam Muhammad Rudi, SE. MM, Kadis Kominfo Kota Batam, Salim, S.Sos. M.Si, Direktur LSP Telematika Indonesia Viktor Terenathe dan turut hadir Direktur Politeknik Negeri Batam atau yang mewakili. Dilaksanakan di Aula Hotel Sahid Batam Center, Selasa (13/6).
Kegiatan SKKNI dibuka secara resmi oleh Walikota Batam Muhammad Rudi, SE, MM, yang dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dilaksanakan di Kota Batam dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin dan serius mengikuti, karena sertifikasi ini merupakan bukti kompetensi standar yang dapat dimanfaatkan dalam mencari pekerjaan. “Kalau setahun pun dilatih tapi tidak serius, tidak ada hasilnya. Ambillah kesempatan dan momentum ini dan tidak cukup empat hari ini saja harus terus belajar dan belajar, menambah ilmu di luar. Dengan ilmu, Kota Batam ini mudah-mudahan lebih baik di tangan kalian, mungkin 20-30 tahun ke depan,” ujarnya.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam Salim,S.Sos,M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemkominfo Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan, karena Kota Batam mendapat kesempatan dalam pelaksanaan fasilitasi bimtek dan SKKNI bagi angkatan kerja muda bidang Kominfo. Ditahun 2015 sertikasi SKKNI dan uji kompetensi juga dilaksanakan dari peserta 101 orang, yang lulus kompetensi 77 orang atau 77% .
Kepala Badan Litbang SDM Kemkominfo yang diwakili Kepala BBPPKI Medan, Drs. Irbar Samekto, Msi dalam sambutannya mengatakan, Kementerian Kominfo dalam upaya meningkatkan kompetensi kerja di masyarakat telah menyusun dan mengesahkan peraturan Menkominfo, No 24 tahun 2015 tentang pemberlakuan SKKNI bidang Kominfo untuk mewujudkan tenaga kerja bidang Kominfo yang kompeten dan profesional dalam meningkatkan daya saing nasional serta produktivitas lapangan usaha dan industri Kominfo. Kemasa depan, dalam menghadapi revolusi industri ke empat bidang Kominfo menjadi kekuatan leading sector dari seluruh sektor yang mempunyai peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bangsa. Diharapkan dengan sertifikasi SKKNI ini bisa meningkatkan kemampuan dan daya saing angkatan kerja muda Indonesia, khususnya dalam menghadapi persaingan bebas di era Masyarakat Ekonomi Asean.
Adapun klaster yang dapat dipilih oleh peserta sesuai dengan kompetensi masing-masing adalah Klaster Junior Technical Support, Kluster Junior Web Programmer, Klaster Junior office Operator dan Klaster Junior Digital Artist. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 13 s.d 16 juni 2017 dan tempat uji kompetensi dilaksanakan di Politeknik Negeri Batam dengan menggunakan fasilitas ruang laboratorium komputer. Uji kompetensi dilaksanakan oleh Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Telematika Indonesia dari hasil uji kompetensi di Kota batam 91,25% dinyatakan kompeten.(martha).

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment