Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK di Kabupaten Aceh Barat

Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK di Kabupaten Aceh Barat

img-20170620-wa0001Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melaksanakan fasilitasi bimbingan teknis dan sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi angkatan kerja muda di Kota Meulaboh Aceh Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 s/d 24 Mei 2017 dan diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari lulusan SMK, D1, D2, D3, S1 bidang TIK di Kabupaten Aceh Barat. Acara pembukaan diadakan pada hari Senin 21 Mei 2017 di Aula Kantor Bupati Aceh Barat dan dihadiri oleh Kepala BBPPKI Medan, Drs. Irbar Samekto, Msi, Asisten 3 Bidang Administrasi Kabupaten Aceh Barat, Bpk. Drs. H. Tabrani Usman, Kadis Kominfo Kab. Aceh Barat, Ir. Teuku Zainal Abidin, MT, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Barat, Muhammad Nur dan Koordinator LSP Komputer, Bpk. Satria Gunayoman.

Dalam sambutannya Kepala BBPPKI Medan, Drs. Irbar Samekto, Msi menyampaikan kegiatan bimtek dan sertifikasi ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia lulusan SMK, D1, D2 dan D3 bidang TIK karena terjadi ketidaksesuaian antara pekerjaan dengan latar belakang pendidikan sehingga kurang dari sisi keterampilan teknis yang dibutuhkan oleh dunia usaha. Acara dibuka secara resmi oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Kabupaten Aceh Barat, Bpk. Drs. H. Tabrani Usman yang dalam sambutannya mengatakan upaya pengembangan SDM tenaga kerja di Kabupaten Aceh Barat tidak bisa ditunda lagi mengingat tenaga kerja asing dapat memasuki lapangan kerja di wilayah Indonesia mulai dari tingkat manejerial hingga tingkat teknisi dan operator. Sementara itu Koordinator LSP Komputer, Bpk. Satria Gunayoman memberikan motivasi kepada para peserta sertifikasi agar selalu berusaha meningkatkan kompetensi diri karena Teknologi Informasi dan Komunikasi itu berkembang sangat pesat dan jika para peserta tidak berusaha meningkatkan kemampuan diri maka akan jauh tertinggal dan tidak mampu bersaing dengan tenaga kerja lain.

Adapun klaster yang dapat dipilih oleh peserta sesuai dengan kompetensi masing-masing adalah Klaster Junior Programming, Klaster Practical Office Advanced, Klaster Junior Networking dan Klaster Help Desk. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 21 s.d 24 Mei 2017 dan Tempat Uji Kompetensi dilaksanakan di SMK Negeri 1 Meulaboh dengan menggunakan fasilitas ruang laboratorium komputer. Uji kompetensi dilaksanakan oleh Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komputer. (Ratna)

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment