Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK di Kabupaten Deli Serdang

Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK di Kabupaten Deli Serdang

20170407_101232

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Deli Serdang menyelenggarakan Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK bagi Angkatan Kerja Muda pada 7-10 April 2017 di Kabupaten Deli Serdang. Bimtek dan sertifikasi ini bertujuan untuk membantu angkatan kerja muda khususnya lulusan sekolah menengah kejuruan bidang TIK, baik lulusan SMK, D1, D2, dan D3 dalam memperoleh sertifikasi keahlian. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Deli Serdang yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Deli Serdang, Drs. Haris Binar Ginting pada acara pembukaan di Hotel Miyana Percut Sei Tuan.

Kepala BBPPKI Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa Bimtek dan sertifikasi SKKNI ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian tentang pentingnya kompetensi sebagai suatu standar yang harus dicapai di tempat kerja. Sertifikasi SKKNI merupakan upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja bidang Kominfo sekaligus bukti kepemilikan kompetensi standar yang dapat dimanfaatkan dalam mencari pekerjaan. Di sisi lain sertifikasi SKKNI ini juga merupakan salah satu komponen tingkat daya saing bangsa dari empat negara ASEAN yaitu Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand.

Sebanyak 70 (tujuh puluh) peserta yang berasal dari wilayah Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Serdang Bedagai menjalani sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI dengan bidang keahlian: Junior Network Administrator (21 orang), Junior Graphic Design (7 orang), Junior Computer Operator (37 orang) dan Junior Programmer (4 orang). Adapun tempat uji kompetensi adalah SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan menggunakan fasilitas  Ruang Praktek Lab Jaringan dan Lab Software. Uji kompetensi/assessment dilaksanakan oleh Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komputer Jakarta.

Bupati Deli Serdang dalam hal ini diwakili oleh Kadis Kominfo Deli Serdang Bapak Drs. Haris Binar Ginting dalam sambutannya menyampaikan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara serius dan sungguh-sungguh dengan mengikuti seluruh tahapan Bimtek dan Sertifikasi karena kegiatan ini tentunya lebih menekankan pada pembentukan keterampilan/praktek yang kelak akan menjadi dasar keterampilan peserta dalam menguasai TIK sebagai modal untuk mendapatkan lapangan pekerjaan apalagi peserta tidak dipungut biaya. Diharapkan semua peserta dapat lulus dan mendapat pengakuan secara nasional yang ditandai dengan kepemilikan sertifikat SKKNI bidang TIK.

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment