Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Sertifikasi SKKNI Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Angkatan Kerja Muda Di Kota Gunungsitoli

Sertifikasi SKKNI Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Angkatan Kerja Muda Di Kota Gunungsitoli

Sertifikasi SKKNI bidang TIK di Kota Gunungsitoli dilaksanakan pada tanggal 7-14 Maret 2017 diikuti oleh 50 peserta, dihadiri oleh beberapa Pejabat SKPD Kab. Nias dan Staff Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum  (Prof. Dr Henri Sibiakto, SH, MH). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli (Sowa’a Laoli, SE, M.Si) di Aula Kantor Walikota Gunungsitoli. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan Persaingan dalam mendapatkan pekerjaan dewasa ini semakin ketat, yang disebabkan meningkatnya jumlah angkatan kerja yang membutuhkan lapangan pekerjaan. Selain angkatan kerja dalam negeri juga ada angkatan kerja yang berasal dari luar negeri terutama dari negara-negara ASEAN, seiring dengan kesepakatan perdagangan bebas antar negara-negara anggota ASEAN sejak tahun 2016, atau yang lebih dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pemberlakuan MEA tersebut secara tidak langsung menuntut peningkatan kompetensi atau kemampuan sumber daya manusia Indonesia. Bukan hanya arus perdagangan barang, tapi juga arus perdagangan tenaga kerja profesional (seperti dokter, pengacara, akuntan, teknisi/operator komputer, dll) menjadi terbuka antara negara-negara Asia Tenggara dengan pemberlakuan MEA.
Diharapkan kiranya ke-50 orang peserta yang lulus seleksi administrasi pada kesempatan ini dapat mengikuti pelatihan dan uji kompetensi SKKNI dengan sungguh-sungguh dan kita berharap semuanya bisa lulus. Lulus berarti mendapat pengakuan secara nasional yang ditandai dengan kepemilikan Sertifikat SKKNI Bidang TIK.
Kepada pihak BBPPKI Medan Kementerian Kominfo, Pemerintah Kota Gunungsitoli memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya karena telah memberikan kesempatan bagi angkatan muda kerja di Kepulauan Nias dan memilih Kota Gunungsitoli sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini. Harapan kami, kiranya di masa mendatang BBPPKI Medan tetap dapat melihat Kota Gunungsitoli sebagai tempat yang potensial dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang serupa, untuk memberikan peluang bagi angkatan kerja muda yang jumlahnya setiap tahun bertambah seiring dengan kelulusan dari sekolah dan/atau perguruan tinggi.

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment