Home / Kajian Isu Publik / Kajian Ekuin Januari 2017

Kajian Ekuin Januari 2017

POLICY BRIEF

Bidang Ekuin Bulan Januari 2017

 

PELUANG INVESTASI PARIWISATA DANAU TOBA

Oleh :

Tim Media Monitoring

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Medan

Kementerian Komunikasi dan Informatika

RINGKASAN

Berdasarkan hasil Media Monitoring bulan Januari 2017, pemberitaan bidang Ekuin yang tertinggi adalah kebijakan ekonomi makro mengenai peluang investasi pariwisata Danau Toba. Pemberitaan mengenai peluang investasi pariwisata di Sumatera Utara menarik untuk dibahasterlebih surat kabar terbitan bulan Januari 2017 cukup intens dalam memberitakannya. Pada terbitan Bulan Januari  terlebih minggu pertama dan kedua, media kerap memberitakan mengnai peluang investasi sektor pariwisata dengan berusaha mewujudkan wisata halal di Danau Toba. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diharapkan dapat mewujudkan wisata halal di kawasan Danau toba karena dari sejumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung terdapat juga wisatawan mancanegara muslim yang memerlukan kepastian kehalalan produk yang disajikan ataupu yang dijual di wilayah tersebut.

Dalam upaya meningkatkan peluang investasi dan pengembangan kawasan wisata Danau Toba  telah dilakukan berbagai upaya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) seperti pembangunan Jalan tol Siantar-Parapat dan Jalan tol Medan-Tebing Tinggi yang nantinya diharapkan dapat mempermudah akses menuju kawasan Danau Toba.

 

PERNYATAAN KUNCI

Peluang Investasi, Pengembangan Pariwisata dan Kawasan Wisata Danau Toba

sub-bidang-ekuin

IMPLIKASI DAN REKOMENDASI KEBIJAKAN

Berdasarkan pemberitaan surat kabar terbitan Sumatera Utara bulan ini banyak memberitakan mengenai para wisatawan manca negara yang menyukai berwisata ke Danau Toba dikarenakan alamnya yang indah namun para wisatawan tersebut menginginkan kepastian kehalalan suatu produk yang tersedia di kawasan Danau Toba. Para wisatawan termasuk wisatawan mancanegara seperti yang berasal dari Malaysia dan Singapura berharap kedepannya ada sertifikasi halal yang sangat diperlukan untuk memberi kenyamanan saat wisatawan mengkonsumsi makanan. Tiap tahunnya jumlah wisatawan muslim terus meningkat, karena itu kehalalan suatu produk sangat penting dilakukan disamping kemudahan para wisatawan dalam menjalankan ibadah seperti tersedianya mesjid dan mushola serta penginapan yang menunjukkan arah kiblat di setiap kamar.

Seperti diketahui Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terus berupaya mengeluarkan kebijakan dalam rangka memajukan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Pada tahun 2016 lalu terdapat beberapa kebijakan yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemprovsu untuk mendukung peluang investasi kawasan Danau Toba sebagai salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Pertama, pengembangan Bandara Silangit dan Sibisa yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara yang dikembangkan dengan memperpanjang landasan pacu menjadi 2.650 meter dengan lebar 45 meter sedangkan untuk Bandar Udara Sibisa yang berada di Kabupaten Toba Samosir juga akan diperpanjang menjadi 2.250 meter untuk mengakomodir pesawat jenis Boeing 737-800 dapat mendarat atau terbang dari Bandara tersebut. Kedua, pembangunan jalan tol untuk mempermudah konektivitas untu mencapai kawasan Danau Toba. Pemerintah berncana membangun Jalan Tol Siantar-Parapat sepanjang 97 km yang akan dilaksanakan pada tahun 2017. Untuk saat ini telah dibangun tol Medan-Tebing Tinggi yang juga untuk mendukung tol Siantar-Parapat tersebut. Ketiga, pembentukan Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba yang bertugas untuk melaksanakan pengembangan kawasan pariwisata Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Keempat, pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Danau Toba setiap tahunnya yang dinilai berhasil mendatangkan wisatawan mancanegara dan nusantara.

SIMPULAN:

  1. Untuk meningkatkan kondisi perekonomian kawasan Danau Toba, Dinas Pariwisata Pemprovsu diharapkan berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan potensi pariwisata di kawasan Danau Toba dengan mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan mancanegara.
  2. Pemprovsu diharapkan dapat memberikan kepastian kehalalan produk yang disediakan di kawasan wisata Danau Toba dengan mulai mengupayakan sertifikasi halal bagi produk yang dijual di kawasan wisata tersebut.

 

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0