Home / Berita / Penyerahan Hasil Kerjasama Bidang Penelitian Antara BBPPKI Medan Dengan Dinas Kominfo Provinsi Sumut

Penyerahan Hasil Kerjasama Bidang Penelitian Antara BBPPKI Medan Dengan Dinas Kominfo Provinsi Sumut

dinas-kominfoKepala Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika (BBPPKI) Medan, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Drs. Irbar Samekto M.Si  mengadakan kunjungan kerja dalam rangka penyerahan hasil kerjasama  bidang penelitian antara BBPPKI Medan dengan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara. Hasil penelitian diserahkan oleh Kepala BBPPKI Medan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara  Drs. H. MHD. Fitriyus, SH, MSP,  didampingi Kepala Bidang Publikasi dan Dokumentasi Drs.Arifuddini,MSi, Kasubbag Umum Parluhutan Siregar.S.Sos, Kasubid Dokumentasi Yusrizal, S.Kom Eng. Turut hadir dalam penyerahan hasil kerjasama tersebut Sekretaris  Dinas Kominfo Provsu H. M. ayub, SE, Kepala Bidang Aplikasi Telematika Dra. Eli Suhaeriyah M.Si, di ruang Rapat Kepala Dinas Kominfo Provsu, jumat (16/12/16)

Tujuan penyerahan hasil kerjasama bidang penelitian ke Dinas Kominfo Provinsi sumatera Utara untuk memberikan  masukan dan rekomendasi terkait dengan penerapan e-government di Sumatera Utara dan sebagai langkah perbaikan Aparatur Pemerintah Daerah dalam penerapan E-Government menuju Smart Province di Sumatera Utara.

Kepala BBPPKI Medan menjelaskan Kominfo berupaya bagaimana pemanfaatan e-government menuju smart province bisa dimanfaatkan masyarakat, hasil penelitian yang  sudah dilaksanakan  bisa bermakna berupa masukan dan dapat dijadikan rekomendasi secara menyeluruh baik dari kesiapan SDM maupun infrastrukturnya. Kebijakan akses jaringan menjadi dilema hal ini tergantung dengan operatornya yang menagani  aplikasi oleh karna itu perlu  menetapkan pejabat pengelola TIK yang mengawali smart province di Kabupaten/Kota Province Sumatera Utara.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara  Drs. H. MHD. Fitriyus, SH, MSP menjelaskan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mengalami perkembangan yang sangat cepat dan membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat. Pemanfaatan TIK di Sumut dibuat seperti target yaitu e-planing, e-budgetting dengan pelayanan satu pintu terpadu (PLSTP) dan di Bappeda sudah menerapkan pelayaanan e-governmnet untuk meningkatkan hubungan antara pemerintah dan masyarakat menjadi  lebih  baik.

 Smart Province di 14 (empat belas) Kabupaten /Kota Province Sumatera Utara sudah lebih  maju dan sudah online dalam mengakses informasi mulai informasi dirumah sakit, banjir, dan segala informasi  yang dibutuhkan dalam mendukung program smart province. Penerapan Electronic Government, Smart Province Sumatera Utara masih rendah pada SDM pengelolahan TIK dan hambatan E-Government di Kab/Kota Provinsi Sumatera Utara perlu dilakukan bimbingan teknis akses jaringan TIK bagi ANS.

Dengan adanya hasil kerjasama bidang penelitian kesiapan pemerintah daerah  dalam implementasi e-government  untuk mendukung program smart province diharapkan hasil penelitian ini dapat memberi masukan kepada Pemerintah dalam pembuatan kebijakan dan pihak yang terkait di bidang Komunikasi dan Informatika dalam memberikan dan memenuhi  informasi kebutuhan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara.(marta)

Tags: ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment