Home / Berita / Lomba Kelompok Informasi Masyarakat Sumatera Utara

Lomba Kelompok Informasi Masyarakat Sumatera Utara

pentasPerkembangan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan kegiatan yang dilakukan pemerintah baik tingkat provinsi maupun tingkat Kabupapaten/Kota dalam rangka penguatan terhadap kelembagaan. Sumber Daya Manusia (SDM) dan aktivitas KIM sehingga mampu melakukan tugas dan fungsinya secara mandiri dan kreatif dalam rangka pengeloalaan informasi dan komunikasi untuk meningkatkan nilai tambah. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika meyelenggarakan lomba kelompok Informasi Masyarakat se Sumatera Utara tahun 2016 yang dilaksanakan setiap tahunnya bertempat di Auditorium Medan RRI, rabu (27/4/2016).
Lomba KIM dibuka PLT Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Staf Ahli Pertanahan dan Aset Drs Robertson. Dalam kata sambutan yang dibacakan Robetson, kegiatan lomba KIM penting diadakan untuk meningkatkan peran KIM yang tersebar di Kabupaten/Kota Sumut. Melalui kegiatan ini informasi penting pada masyarakat dapat mendorong motivasi masyarakat dalam pembangunan di Sumut. Lomba KIM ini Indonesia menghadapi tantangan seiring perubahan zaman, perubahan masyarakat dan kemajuan dibidang teknologi yang serba cepat membuat arti informasi menjadi sangat penting dulu ada juru penerang dan kelompencapir sekarang tidak ada lagi. Hal ini terjadi isu nasional untuk mengatasi informasi dan menjadikan informasi yang efektif melalui KIM informasi menjadi barang yang berharga dan menjadi alat meningkatkan kualitas masyarakat bentuk parsitifasi diperlukan pemberdayaan masyarakat.
KIM yang tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat Indonesia menjadi fasilitator akses informasi melalui media cetak, elektronik cukup sulit di Sumut khususnya di pedesaan . Untuk mencapai ini lomba KIM menjadi strategis sebagai ajang yang mampu menigkatkan pengetahuan di Sumut dalam menyampaikan visi pembangunan dan memberikan kontribusi pada masyarakat sehinggaSumut maju dan terwujud. Lomba KIM diikuti 15 peserta Kabupaten/Kota Sumut ,yang menjadi juara I diraih oleh KIM Bertuah Kabupaten Serdang Bedagai, Juara II KIM Dely Company Kabupaten Deli Serdang, Juara III dari KIM Tapanuli Tengah. Juara harapan I KIM Nelayan Bahari Tanjung Balai, Juara harapan II KIM Sartika Labuhan Batu, juara harapan III KIM Tapanuli Tengah. Dengan menghadirkan Tim Juri 1, Prof DR.Baddaruddin Rangkuti MSi, Dekan Fisif USU,2.DR.Mina Salmaniah Siregar, MSi, Staf pengajar Fipsipol UMA.3.Drs.Irbar Samekto MSi, Kepala BBPPKI Medan.
Dengan adanya SDM yang peduli terhadap keberadaan KIM, aktivitas kelompok berupa pengolahan maupun penyebaran informasi dapat berjalan optimal. Keberadaan SDM ini juga membuka peluang bagi KIM untuk berperan lebih besar dalam mengelola dan mendaya gunakan informasi melalui, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terutama sudah diberlakukan masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Masyarakat sudah bisa mengembangkan kreatifitasnya dengan memasarkan produknya melalui KIM, yang menjadikan peluamg bisnis bisa direbut pada masyarakat Asean demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(martha)

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0