Home / Berita / Pengembangan SDM Bidang Teknologi Informasi Komunikasi

Pengembangan SDM Bidang Teknologi Informasi Komunikasi

kominfoBalai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika (BBPPKI ) Medan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Focus GroupDiscussion (FGD) Pengembangan SDM Bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) bertempat di Hotel Garuda Plaza Medan, Senin (23/6/2016). dilanjutkan dengan Bimtek Pengelolaan Teknologi Informasi Komunikasi (PeTIK) atauChief Information Officer (CIO) bagi Aparatur Pemerintah. Bimtek CIO ini dilaksanakan di Hotel Green Garden Brastagi Kabupaten dimulai tanggal 23 s.d26 Mei 2016.
FGD pengembangan SDM bidang TIK dihadiri oleh Kepala Balitbang SDM Kominfo yang diwakili oleh Staf Ahli Menkominfo Bidang Media Massa, Prof. Dr. Hendri Subiakto,Sekda Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Asisten II Bidang Pertanahan dan Aset, Bpk.Robertson , Kepala BBPPKI Medan, Drs. Irbar Samekto, Msi, Kepala Dinas Kominfo Provsu atau yang mewakili, Dishub Kominfo Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau atau yang mewakili, pejabat Eselon III dan Eselon IV di lingkungan Provinsi Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Focus Group Discussion ini diikuti oleh 50 orang peserta dan Bimtek CIO juga diikuti oleh 50 orang peserta dari instansi yang berada di wilayah kerja BBPPKI Medan.
Kepala BBPPKI Medan Drs. Irbar Samekto M.Si selaku ketua pelaksana FGD pengembanagan SDM Kominfo menyampaikan sambutan dengan antara lain mengatakan kegiatan FGD pengembangan SDM TIK dan Bimtek Sertifikasi CIO dikota Medan, Sumatera Utara dan Sumatera lainnya merupakan kajian dari BBPPKI Medan bahwa sudah satu decade lalu, Inpres No 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan starategi nasional pengembangan E-government telah di sosialisasikan dan dimplementasikan ke seluruh wilayah Indonesia. Namun hanya beberapa daerah yang telah mencapai keberhasilan penerapan E-government ini secara optimal. Menurut Kepala BBPPKI Medan, tujuan kegiatan FGD pengembangan SDM Kominfo demi terwujudnya kebutuhan SDM TIK serta mengidentifikasikan masukan untuk rencana aksi peningkatan kompetensi SDM TIK di wilayah kerja Sumatera Utara. Tujuan Bimtek dan sertifikasi CIO bagi aparatur pemerintah ini adalah untuk memberikan kompetensi dasar kepada aparatur pemerintah yang tugasnya berkaitan dengan pengelolaan TIK sehingga mampu menjalankan peran sebagai seorang CIO di instansi masing-masing.
Dengan semakin meningkatnya tututan pembangunan dan pelayanan oleh masyarakat menjadikan Pemerintah Daerah harus kreatif di segala bidang dan mampu memanfaatkan segenap potensi yang ada termasuk pendayagunaan E-government. Pemerintah didaerah punya visi mengembangkan, mempercepat layanan E–government didaerah masing-masing menuju masa depan kata Staf Ahli Kementerian Kominfo bidang Komunikasi dan Media Massa Prof.DR. Henri Subiakto, SH, MA, saat memberikan sambutannya sekaligus pemaparannya dalam FGD tersebut.
FGD dibuka secara resmi oleh Sekda Sumatera Utara yang diwakili oleh Asisten II Bidang Pertanahan dan Aset, Bpk.Robertson sekaligus membacakan kata sambutan. Dalam sambutan tersebut disampaikan kegiatan yang diselenggarakan BBPPKI Medan bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provsu dalam rangka mendukung kompetensi E-government, Pemprovsu menyambut baik kegiatan pengembangan SDM seperti ini yang berupaya meningkatkan pengelolaan E-government di Sumut. Dalam rangka pengembangan SDM bidang TIK di Sumut pemerintah Provsu mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Balitbang SDM atas kegiatan yang penting dalam menciptakan pelayanan yang lebih baik (good government), mau tidak mau pemerintah di Indonesia khususnya di Sumut dituntut memberikan pelayanan dengan E-government dalam meningkatkan SDM.
Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan SDM TIK dengan menghadirkan narasumber yang berkompetensi yang diharapkan dapat menyampaikan pemikiran, menggali informasi dengan berdiskusi dan saling memberikan informasi E-government di daerah masing-masing. Narasumber FGD terdiri dari Prof.Dr Hendri Subiakto,SH,MA yang menyampaikan materi mengenai transformasi digital dan kesiapan SDM didaerah, DR Udi Rusady menyampaikan materi mengenai pengembangan SDM TIK, DR.Marvel Situmorang menyampaikan materi mengenai penyediaan informasi TIK, DR Sri Budi Santoso menyampaikan materi mengenai Smart City, Kepala BPPTIK Nusirwan, MSI menyampaikan materi mengenai Jenis Pelayanan sesuai permen Kominfo 09/per/M. Kominfo/03/2011, Kepala BBPPKI Medan Drs. Irbar Samekto MSI menyampaikan materi mengenai peningkatan akses SDM kepada masyarakat, indikator TIK, penelitian TIK di wilayah kerja.
Dari hasil FGD dengan peserta dapat disimpulkan yaitu diperlukan penerapan E-government dalam refomasi birokrasi untuk mewujudkan good governance di Provinsi Sumut, dengan sistem E-government diharapkan pelayanan publik pada masyarakat yang sebelumya lambat bisa berubah menjadi cepat, tepat, transparan, efektif dan efisien. Untuk itu diperlukan pelatihan dan sertifikasi bagi SDM di Bidang Kominfo untuk menghasilkan SDM yang berkompetensi.

Tags: ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0