Home / Berita / Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online

aspirasiHak memperoleh informasi publik pada dasarnya adalah hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan governance. Sesuai dengan pasal 13 Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Kerterbukaan Informasi Publik (KIP) setiap badan publik menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat dan sederhana dengan membuat dan mengembangkan sistem penyediaan layanan informasi.
Dalam hal layanan informasi kepada masyarakat perlu ditingkatkan penyediaan dan aksebilitas informasi publik di PPID. Pusat Informasi dan Humas Sekretariat Jendral Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Forum Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID ) layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (Lapor) serta pengelolan komunikasi publik, kamis (31/3/2016) di Balai Pelatihan dan Riset TIK (BPR TIK) Pusat TIK Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika Jln. Kertamukti No 10 Ciputat-Tanggerang Selatan.
Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dihadiri oleh 47 satuan kerja pusat dan 52 unit pelaksanaan teknis pusat dan daerah di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan tema” Kominfo melayani rakyat”. Farida Dwi Cahyarini, Sekretaris Jendral Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka forum ini secara resmi . Dalalam sambutannya Farida mengatakan bahwa forum PPID sangat penting diselenggarakan untuk merefresh pemahaman kita secara lebih baik lagi dalam melaksanakan undang-undang keterbukaan informasi publik. Tugas Humas pemerintah wajib melanyani hal-hal yang perlu diinformasikan di Kominfo Humas mendapat tugas dari President ,” sebagai e-government untuk menaikan citra pemerintah dalam keinginan tahuan masyarakat mengenai program pemerintah menjadikan agenda tunggal,“ujarnya.
Dengan menghadirkan nara sumber dari: 1.Kantor Staf Presiden, Gibran (mekanisme layanan aspirasi dan pengaduan online). 2.Kepala Pusat Informasi dan Humas, Ismail Cawidu (pengelolaan komunikasi publik) 3.Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Soekarto (penyediaan dan aksebilitas informasi publik di PPID) dipandu oleh moderator H.Achmad Nizar (Kepala Bidang Humas). Sementara dalam pemaparannya Kepala Pusat Informasi dan Humas, Ismail Cawidu menegaskan tahun 2016 isu aktual yang menjadi perhatian masaryakat melalui media sosial seperti face book, twitter, whatsapp dan kita bisa merespon publik kepada siapa saja. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) diharapkan mampu menjadi penyedia informasi yang dibutuhkan masyarakat.(martha)

Tags: , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0