Home / Sertifikasi SKKNI Bidang TIK / Sertifikasi SKKNI Bidang TIk di Balige

Sertifikasi SKKNI Bidang TIk di Balige

balige3Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kominfo Kementerian Kominfo menggelar Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Berbasis SKKNI bidang keahlian Teknologi Informasi Komunikasi di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Senin 21 – 24 Maret 2016. Peserta kegiatan sertifikasi ini berjumlah 50 peserta, dan dinyatakan lulus sebesar 84 %. Peserta merupakan angkatan kerja muda lulusan SMK, D1, D2, D3 bidang TIK yang terdiri dari beberapa daerah kabupaten disekitarnya.
Sebelum acara pembukaan di laksanakan laporan ketua pelaksana disampaikan oleh Drs. Arifuddin, M.Si mengatakan bahwa Kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi berbasis SKKNI ini bertujuan membantu angkatan kerja muda, khususnya lulusan sekolah menengah kejuruan bidang TIK, D1, D2, D3, di Kabupaten Toba Samposir. Sasaran kegiatan ini adalah terwujudnya SDM Teknologi Komunikasi dan Informatika bagi angkatan kerja muda, bidang kominfo yang lulus uji kompetensi dan berhasil memiliki Sertifikat sebagai bukti kepemilikan kompetensi standar ataupun dapat dimanfaatkan dalam mencari lapangan pekerjaan.
Selain itu, Sambutan Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika dibacakan oleh Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Medan – Drs. Irbar Samekto, M.Si, antara lain mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai leading-sector pembangunan bidang kominfo mempunyai tugas untuk mengembangkan SDM di bidang ini sejalan dengan kebijakan pembangunan nasional, yaitu perluasan penciptaan lapangan kerja serta peningkatan keterampilan tenaga kerja. Melalui Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan program untuk mendukung kebijakan nasional tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi angkatan kerja muda Indonesia. Program ini dikhususkan bagi para lulusan SMK , DI, D2 dan D3 bidang TIK atau yang sederajat yang saat ini belum mendapat pekerjaan atau belum bersertifikasi dan tidak melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Kami berharap kegiatan ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh para peserta yang telah terpilih dalam proses seleksi oleh Panitia”. Diakhir sambutan Kepala Badan Litbang SDM, menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, kepada LSP Telematika Indonesia dan semua pihak yang telah membantu kelancaran terlaksananya kegiatan ini. Kepada para peserta yang hadir dan siap Uji Kompeten sirtifikasi ini, saya berharap semoga sukses dan dapat lulus semua, sehingga Sertifikat yang akan diperoleh dapat bermanfaat dan membantu Saudara mendapatkan pekerjaan yang sesuai kompetensi”.
Acara Pembukaan fasilitasi sertifikasi Kompetensi SKKNI ini diadakan di Kantor Bupati Toba Samosir. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir Bapak Drs. Audi Murphi Sitorus, SH, M.Si; dalam pengarahannya mengatakan “kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Badan Litbang SDM Kominfo – Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Medan, karena di BALIGE (Ibukota Kabupaten Toba Samosir) ini mendapat kesempatan dalam pelaksanaan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK. Semoga niat baik Kementerian kominfo untuk membantu angkatan kerja muda Indonesia, khususnya di Kabupaten Toba Samosir – Balige ini untuk memperoleh sertifikat keahlian bidang TIK ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta, sehingga tenaga kerja kita siap bersaing dalam menyambut era perdagangan bebas di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area – AFTA) sebagai bagian dari Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016”.
Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Medan, LSP Telematika Indonesia di Jakarta, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Toba Samosir.

Tags: , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0