Home / Berita / Pelaporan SPT Melalui E-Filling

Pelaporan SPT Melalui E-Filling

spt pajakPajak merupakan sumber utama untuk pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan suatu negara. Begitu pentingnya pajak dalam menggerakkan roda pemerintahan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional menyebabkan Direktorat Jenderal Pajak melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan) Pajak Tahunan dan bagaimana mengisi SPT dengan benar dengan melakukan berbagai sosialisasi. Seperti yang dilakukan oleh KPP Medan Timur di Kantor Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Medan (11/3). Kegiatan sosialisasi ini diikuti dengan antusias oleh Pegawai BBPPKI Medan agar dapat mengisi SPT Pajak Tahunan dengan benar. Untuk menciptakan berbagai kemudahan cara penyampaian SPT , selain Wajib Pajak dapat datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat , Wajib Pajak juga dapat memasukkan dokumen yang ditempatkan di berbagai perkantoran dan pusat perbelanjaan. Dan dengan semakin berkembangnya penggunaan internet di Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak telah melakukan terobosan untuk mempermudah penyampaian penyampaian SPT melalui aplikasi e-filling. Aplikasi e-filling adalah cara penyampaian SPT tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui website Ditjen Pajak. Untuk dapat melaporkan SPT menggunakan e-filling, Wajib Pajak harus terlebih dahulu memiliki e-fin (electronic filling identification number) yang bisa diperoleh di KPP terdekat. Keuntungan penggunaan e-filling bagi wajib pajak antara lain mengurangi antrian dan menghemat waktu sedangkan bagi Ditjen Pajak, e-filling dapat mengurangi kesalahan input data.
Fungsi SPT bagi wajib pajak adalah sebagai sarana untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan perhitungan jumlah pajak. Penyampaian SPT Pajak Tahunan harus disampaikan Wajib Pajak Orang Pribadi paling lambat tiap tanggal 31 Maret dan Badan Usaha paling lambat 30 April. Penyampaian SPT Pajak Tahunan juga wajib bagi Aparatur Sipil Negara dengan melampirkan form 1721 A2 meskipun memang pajak ASN dibayarkan oleh negara namun tetap wajib disampaikan karena bisa saja ASN tersebut memiliki penghasilan dari sumber lain.
Dengan berbagai macam kemudahan penyampaian SPT, wajib pajak memiliki berbagai pilihan yang memudahkan terlebih saat ini Ditjen Pajak telah membuat aplikasi e-filling berbasis android. Namun demikian untuk pengiriman SPT berbasis internet harus dipastikan selalu tingkat keamanannya dari berbagai virus dan peretas (hacker) terhadap penyalahgunaan data atau informasi wajib pajak. Dengan berbagai macam kemudahan dalam menyampaikan SPT Pajak Tahunan, mari sampaikan SPT Tahunan segera sebelum 31 Maret 2016 sebagai bentuk kepatuhan pelaksanaan kewajiban perpajakan dan mendukung jalannya roda pemerintahan. (Ratna)

Tags: , , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment