Home / Bimtek / Bimtek Literasi Masyarakat di Kota Asahan

Bimtek Literasi Masyarakat di Kota Asahan

bimtek literasi asahanTeknologi Informasi komunikasi (TIK) pada jaman sekarang sudah berkembanag maju dan dapat memiliki banyak fungsi dan pastinya banyak mengubah cara hidup kita, tidak diragukan lagi TIK berperan penting dalam suatu kehidupan manusia . Untuk itu diperlukan peningkatan SDM dengan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) literasi TIK bagi kaum perempuan yang memberikan manfaat dan perlu mengikuti perkembangan tik yang sangat pesat dan baik untuk pengetahuan, keterampilan, sikap positif terhadap teknologi. Dimana teknologi dan inovasi terus berkembang dengan begitudinamis, informasi dan komunikasi perlu terus dikembangkan agar tidak gagap teknologi (GAPTEK).

Balai Besar Pengkajian Dan Pengembanga Komunikasi Dan Informatika (BBPPKI) Medan, Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo berkerja sama dengan SKPD Kabupaten Asahan telah menyelengarakan kegiatan bimbingan teknis literasi TIK bagi kaum perempuan dikabupaten Asahan. Kepala Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika ( BBPPKI) Medan, Drs.Irbar Samekto M.Si dalam sambutannya meatakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memegang peranan penting dan merupakan revolusioner bagi negara-negara di dunia.

TIK sangat diperlukan dalam memperluas dan mengelola informasi untuk memenuhi kebutuhan mastyarakat dan beradaptasi dengan perkembangan yang ada. Diperlukan pengembangan SDM bidang TIK melalui Program Literasi TIK bukan hanya tentang membaca, menulis, mendengar, berbicara di harapkan kaum ibu atau pun keluarga dapat mendampingi anak-anak dalam menghadapi masa depan yang menarik dan menantang. Serta bagaimana kita mempersiapkan mereka untuk berhasil dalam dunia yang berubah begitu cepat. Kepada seluruh pemangku kepentingan dapat memberikan kontribusi positif pada pemanfaatan TIK dan inplementasinya di daerah Kabupaten Asahan.

Ketua Panitia Abdul Rahman S.sos, M.Si dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakn wujud tugas BBPPKI Medan yaitu peningkatan kapasitas SDM bidang komunikasi dan informatika dan peningkatan akses masyarakat terhadap informasi dan pengetahuan diwilayah kerja termasuk wilayah perbatasan. Dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kaum perempuan terhadap komputer dan internet dan dapat menggunakan komunikasi melalui e-mail, blog, dan media social. Mendorong terjadinya pertukaran informasi pengetahuan serta pengalaman dalam rangka peningkatan kapasitas SDM di bidang TIK.

Bimtek literasi TIK bagi kaum perempuan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 27 s.d 29 januari 2016 di Sabty Garden Hotel dan SMK N 2 Kisaran. Peserta Kegiatan sebanyak 50 (lima puluh ) orang yang terdiri dari ibu-ibu PKK, Kecamatan, kelurahan, ibu-ibu kaum majelis taklim dan ibu kaum nasrani. Dengan menghadirkan relawan TIK Provinsi Sumatera Utara, Ade Candra MT. Bupati Asahan yang diwakili oleh Drs. Sori Muda Siregar membuka secara resmi bimbingan teknis literasi TIK bagi kaum perempuan di Sabty Garden, rabu (27/1/2016).

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut Bupati Asahan yang diwakili Drs. Sori Muda Siregar, Kepala BBPPKI Medan Drs. Irbar Samekto, MSI, Kadis Perhubungan Kab Asahan, Kepala Sekolah SMKN 2 Kisaran, ketua relawan TIK Sumatera Utara, Ade Candra, MT, Kepala SKPD Kabupaten Asahan. Kepala dinas Perhubungan Kabupaten Asahan sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasi kepada BBPPKI Medan Kemen Kominfo karena mendapat kesempatan pertama tahun 2016 dalam pelaksanaan Bimtek TIK di Kabupatn Asahan Provinsi Sumut niat baik KemenKominfo, Pemerintahan Kab.Asahan membantu kaum perempuan dalam memberikan pemahaman, penguasan terhadap manfaaat penggunaan internet dapat terlaksana dengan baik.

Upaya meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam mengakses Informasi berbasis telematika, memiliki manfaat untuk meningkatkan kapasitas diri dan dapat membimbing anak menggunakan internet dengan tujuan baik. Dhiarapkan kegiatan bimtek literasi TIK bagi kaum perempuan dapat dimanfaatkan sebaik -baiknya oleh para peserta dapat memanfaatkan internet secara sehat dan aman dalam mencari informasi mengenai kesehatan ketahanan keluarga, pendidikan, mempromosikan prodak barang dan jasa melalui media online dan kaum perempuan berhak mendapatkan semua informasi tersebut.

Tags:

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0