Home / Bimtek / Bimtek Budaya Dokumentasi dan Sertifikasi Bagi Aparatur Pemerintah Kota Pekanbaru

Bimtek Budaya Dokumentasi dan Sertifikasi Bagi Aparatur Pemerintah Kota Pekanbaru

pekanbaruBalai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Medan, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budaya Dokumentasi dan Sertifikasi bagi aparatur pemerintah kota Pekanbaru, yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari yakni sejak tanggal 17 – 20 Februari 2016, bertempat di Grand Zuri Hotel Pekanbaru. Bimtek tersebut diikuti sebanyak 50 (lima puluh) peserta yang terdiri Satuan Kerja Perangkat Sekretaris Kota Pekanbaru, Instansi vertikal, dan Sekretaris Camat.
Acara Bimtek dibuka oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Rabu (17/2) di Hotel Grand Zuri Pekanbaru. Dalam sambutan dan arahannya, antara lain mengatakan “Kepada Bapak Kepala Badan litbang SDM kementerian Komunikasi dan Informatika RI, kami ucapkan terima kasih karena Kota Pekanbaru mendapat kesempatan dalam pelatihan (Bimtek) Budaya Dokementasi dan Sertifikasi bagi aparatur pemerintah di kota Pekanbaru ini. Semoga niat baik Kominfo untuk mempercepat kesiapan SDM PPID aparatur pemerintah di Kota Pekanbaru ini, khususnya terhadap pengelolaan informasi dan dokumentasi yang nantinya diproyeksikan sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), pada dinas dan Instansinya masing-masing, dapat dicapai dengan baik”.
Sebelum dibuka oleh Bapak Walikota Pekanbaru, acara Bimtek di awali Laporan Ketua Pelaksana yang dibacakan oleh Drs. Irbar Samekto, M.Si, antara lain mengatakan; tujuan kegiatan Bimbingan Teknis Budaya Dokumentasi dan Sertifikasi Bagi Aparatur Pemerintah di Kota Pekanbaru ini adalah untuk memberikan kompetensi dasar kepada aparatur pemerintah yang tugasnya berkaitan dengan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, sehingga mampu menjalankan peran sebagai seorang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ataupun pejabat fungsional terkait.
Turut hadir dalam kegiatan Bimtek tersebut adalah Bapak Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi beserta Kabag Humas dan Informasi Muh. Rizal.S.Ag,MA, dan sejumlah Pejabat Sekretariat Jota Pekanbaru, Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Bapak DR. Ir.Basuki Yusuf Iskandar, MA, Staf ahli menteri bidang komunikasi dan media massa Bapak Prof. DR.Henri Subiakto, SH, MA, Bapak DR. Suprawoto, SH,M.Si, dan Komisioner Komisi Informasi Pusat Bapak Abdul Hamid Dipo Pramono.
Materi pertama Bimtek di sampaikan oleh Staf ahli menteri bidang komunikasi dan media massa Bapak Prof. DR. Henri Subiakto, SH, MA membahas Pokok-pokok pemikiran Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, kemudian di susul oleh pemateri DR. Suprawoto (mantan sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika) membahas Implementasi UU KIP No 14/2008 pada Kementrian Komunikasi dan Informatika (antara regulasi dan kasus).-
Materi lain Bimtek terdapat dalam modul dan disampaikan oleh Komisi Informasi Pusat, Kementrian PAN dan RB, Arsip Nasional dan tim kerja dari kementerian Komunikasi dan informatika. Selain pemaparan materi diberikan juga latihan simulasi pelayanan informasi oleh Pusat informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika serta dilaksanakan test akhir kompetensi budaya dokumentasi . Pengumuman kelulusan sebulan berikutnya dan peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi tingkat dasar. (Arif).

Tags: ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
0