Home / Penelitian / Seminar Hasil Penelitian Bidang Komunikasi Dan Informatika

Seminar Hasil Penelitian Bidang Komunikasi Dan Informatika

seminar-hasil-penelitian1Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika (BBPPKI) Medan, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo menyelenggarakan seminar hasil penelitian bidang komunikasi dan informatika Tahun 2015, kamis 10 Desember 2015 di Aula Kantor BBPPKI Medan Jln. Tombak No 31 Medan. Dengan maksud untuk mendapatkan masukan dan saran yang membangun dari review maupun peserta yang dapat mempertajam hasil kajian penelitian. Adapun tema seminar “ Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Menjadi Momen Implementasi Publik Ilmiah Sekaligus Mewujudkan Profesi peneliti Yang Profesional, Produktif, Berani, Jujur “.

Seminar dibuka oleh Kepala BBPPKI Medan Drs. Irbar Samekto M,Si dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan agenda Nawacita pemerintah kabinet kerja yaitu membangun daerah pinggiran merupakan tugas Kemenkominfo dengan mengkaji penelitian pada masyarakat yang tinggal diwilayah perbatasan. Setiap detik, setiap jam, tiap hari peneliti menghasilkan penelitian waktunya singkat maupun dalam jangka waktu satu tahun. Berapa juta hasil penelitian yang sudah diteliti kemudian diseminarkan lewat jurnal, elektronik dan hasil penelitian terekam melalui digital. Kementerian Komunikasi Informatika merubah pandangan tingkat penelitian bagaimana upaya Balitbang diterima satuan kerja.

“Kolaborasi dari USU diseminarkan dapat menghasilkan kualitas dan berdampak hasil penelitian, semoga peningkatan dan sinergitas pengetahuan bisa mengisi kekurangan dan menghasilkan kualitas hasil penelitian pengembangan dalam rangka penetapan kebijakan dibidang komunikasi dan informatika, “ ujarnya. Peserta seminar di hadiri Kepala Dinas Kominfo yang diwakli Drs. Supianto, Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Drs H Darussalam Pohan M.Ap, Fungsional peneliti, Pranata humas, Litkayasa. Seminar hasil penelitian dibagi 2 (dua) bagian yaitu seminar yang disajikan Fungsional peneliti BBPPKI Medan dengan mempersentasikan 5 (lima) judul penelitian antara lain :
1. Pemanfaatan Model Memperoleh Informasi Oleh Nelayan di Kecamatan Belakang Padang Kota Batam Kepri, Burhanuddin Panjaitan, SH.
2. Kebutuhan Informasi Dasar Bagi Masyrakat Nelayan di Wilayah Perbatasan Kabupaten Tapanuli Tengah, Drs. Ali Murthada M. Arifin.
3. Pemanfaatan TIK Oleh Nelayan di Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai, Tristania R.A.P, M. Ikom
4. Pemanfaatan TIK Oleh Kalangan Petani di desa Samura Kec. Kabanjahe Kab. Karo Sumatera Utara, Meilinia Ginting, S. Kom.
5. Pola Komunikasi Internal Pada Keluarga Seni Batak Japaris, Okltolina Simatupang, M. Ikom.

Seminar yang disajikan dari USU ada 4 (empat) judul penelitian antara lain:
1. Sistim Pakar Mengidentifikasi Jenis Ulos Batak Berbasis Web dengan menggunakan Metode Forward Shaining, Yolanda Rumapea.
2. Pembanagkit Kunci Kritografi Hill Chiper Matriks 2×2 menggunakan Tehnik Perhitungan Primitive Root, Kelvin Onggrono.
3. Perbandingan Sistem Opera Symbian Dengan Linux Pada digital Reveiver, Indra Gunawan.
4. Mempercepat Koneksi Internet Melalui Mozila Firefox dan Menghilangkan Reserving Bandwith, Eva Desiana.

Seminar ini diisi dengan pemaparan hasil studi peneliti dan dilanjutklan dengan diskusi dan tanya jawab, dari penyaji fungsional peneliti BBPPKI Medan yang mereview Prof. Dr Suwardi Lubis, MS dan Prof Yusnadi. Penyaji USU yang mereview Prof Dr Poltak Sihombing, M. Kom dan Dr Erna Budiarti Nababan M, IT. Dari hasil kajian penelitian banyak saran-saran masukan, perbaikan seminar ini untuk penyempurnaan penelitian. Prof Dr yusan mengatakan penulisan karya ilmiah sangat penting oleh karna itu tata cara penulisan yang baik dan benar perlu dibuatkan suatu aturan baku supaya seluruh peneliti yang melakukan penelitian memiliki pedoman dalam hal ini penulisan karya ilmiah yang benar dan standar penulisan jurnal berdasarkan LIPI.

Dalam hasil penelitian ini tampaknya belum jelas dan banyak yang harus diperbaiki mulai dari pormat penulisan perlu diseragamkan, sistimatikanya mulai latar belakang masalah sampai penulisan daftar pustaka harus dirujuk dengan teks. Rangkaian hasil penelitain bidang komunikasi dan informatika ditutup kepala BBPPKI Medan Drs. Irbar Samekto ,M,SI diharapkan agar rekomendasi yang dihasilkan dari hasil penelitian dapat dimanfaatkan dan kedepan kajian penelitian Kominfo lebih baik. (mrt)

Tags: , , ,

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment